Minggu, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 Januari 2020

Minggu, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 Januari 2020

95 Persen Tiket KA Lebaran Ludes Terjual

Kamis 09 Mei 2013 16:46 WIB

Rep: halimatus saadah/ Red: Taufik Rachman

Kereta api Fajar  Utama

Kereta api Fajar Utama

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Antusiasme masyarakat menyambut libur Hari Raya Idul Fitri yang masih dua bulan lagi sudah mulai terlihat. Hal itu terbukti dengan sudah terjualnya tiket kereta api untuk keberangkatan H-1 lebaran sebanyak 95 persen.

Humas PT KAI Daerah Operasi 1 Sukendar Mulya mengatakan, PT KAI menyediakan 46 kereta jarak jauh dengan kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Semua tiket kereta tersebut, kata dia, sudah laku keras. Bahkan, dia mengatakan, ada beberapa tujuan yang sudah 100 persen terjual, seperti tujuan Jakarta-Solo.

Menurut Sukendar, tiket kereta yang menjadi favorit penumpang yaitu tiket untuk keberangkatan mulai H-5 hingga H-1 lebaran. Sementara, tujuan favorit penumpang yaitu Yogyakarta, Solo, Surabaya, Purwokerto, dan Semarang. Untuk saat ini, kata dia, tiket kereta yang masih tersisa yaitu untuk keberangkatan pada H-7 ke atas.  "Kami mohon maaf kalau ada masyarakat yang tidak kebagian tiket," kata dia, Kamis (9/5).

Mayoritas masyarakat, kata dia, membeli tiket secara online atau reservasi melalui call center. Selain itu, kata dia, masyarakat juga ada yang memesan tiket melalui Alfamart dan Indomart. Sehingga, antrian di stasiun jauh berkurang.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, kata Sukendar, PT KAI akan berupaya mengadakan kereta tambahan seperti pada momen lebaran sebelumnya. Biasanya PT KAI akan mengoperasikan 11 KA tambahan.

Sementara, untuk tiket pasca lebaran, kata dia, memang belum dibuka penjualannya. PT KAI baru akan membuka penjualan tiket H+1 mulai Senin (13/5).
 
Di Stasiun Gambir sendiri terlihat sejumlah penumpang yang mengisi formulir pemesanan tiket kereta. Kebanyakan dari mereka terkejut begitu mengetahui sebagian besar tiket sudah habis terjual.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA