Senin 06 May 2013 21:20 WIB

Cara Membiasakan Anak Gosok Gigi Sebelum Tidur

Anak sikat gigi
Foto: gladchildhood.blogspot.com
Anak sikat gigi

REPUBLIKA.CO.ID, Membiasakan anak menggosok gigi setiap sebelum tidur di malam hari terkadang menjadi tugas yang menyulitkan orangtua. Namun, semua itu bisa diatasi bila orangtua tidak hanya menyuruh lewat ucapan, tapi lewat perbuatan.

Psikolog anak Vera Itabiliana mengatakan orang tua, khususnya ibu memiliki potensi besar untuk mengubah kebiasaan anak, termasuk menggosok gigi sebelum tidur.

"Orang tua adalah orang dewasa pertama bagi anak, orang yang banyak menghabiskan waktu bersama anak, jadi orang tua adalah panutan anak," kata Vera di Jakarta, Senin (6/5).

Bagi orang tua bekerja, waktu bersama anak yang terbatas kadang dijadikan kambing hitam. Namun, Vera menegaskan hal itu bukanlah suatu masalah.

"Jangan pesimis walaupun jarang ketemu anak, apapun yang dilakukan orangtua pasti punya impact," ujar Vera.

Jika orang tua hanya bisa menggosok gigi bersama anak tiap akhir pekan, maka pastikanlah hal itu dilakukan secara konsisten.

Vera mengatakan selain itu berikanlah contoh menggosok gigi dengan suasana menyenangkan agar anak menirunya dengan senang hati. Terakhir, berikan pemahaman pada anak apa konsekuensinya bila tidak menggosok gigi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement