Sabtu 04 May 2013 08:44 WIB

Naskah Ujian Nasional SD di DIY Didistribusikan

Rep: Yulianingsih/ Red: Dewi Mardiani
Ujian Nasional SD (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ujian Nasional SD (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Soal Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar (SD) di DIY didistribusikan, Sabtu (4/5) ini. Distribusi soal tersebut dilakukan dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY ke seluruh kelompok kerja (pokja) SD di DIY. Distribusi soal tersebut dilakukan dengan enam armada mobil boks.

Kepala Dikpora DIY, Baskara Aji mengatakan, paket soal tersebut berisi soal UN untuk tingkat SD/MI yang cetak oleh Percetakan Sahabat, Klaten, Jawa Tengah dan soal UN untuk paket A yang dicetak oleh percetakan Pura Baru.

Menurutnya, titik rawan terhadap kebocoran soal UN kata Aji, justru saat soal sudah dikirim ke Pokja atau UPT. Karenanya kata dia, pihaknya berharap seluruh pertugas pengawas untuk melakukan pengawasan semaksimal mungkin termasuk ketua Pokja.

"Pada saat di Pokja, soal itu ada yang menginap empat malam terutama untuk soal UN terakhir. Ini yang rawan," ujarnya pada pemberangkatan distribusi soal UN SD di halaman Kantor Dikpora DIY, Sabtu.

UN tingkat SD sendiri akan dilakukan pada Senin (6/5) hingga Rabu (8/5) mendatang. "Kita berharap pelaksanaan UN SD berjalan lancar seperti UN SMP dan SMA. Jika tempat lain banyak masalah di DIY tidak," katanya lagi. Menurutntya, hasil UN tingkat SD/MI ini. Akan digunakan untuk satu-satunya penentuan indikator siswa untuk masuk ke jenjang SMP/MTs.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement