Jumat 03 May 2013 17:12 WIB

Bingung Cari Nama Anak? Coba Ini

Rep: Reiny Dwinanda/ Red: Endah Hapsari
Bayi baru lahir/ilustrasi
Foto: sheknows.com
Bayi baru lahir/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Menjelang kelahiran bayinya, orang tua niscaya sibuk mencari nama untuk buah hatinya. Ini bukan pekerjaan mudah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan. Berikut panduan yang diadaptasi dari laman babynamesworld. parentsconnect.com. 

 

Mengikuti nama tokoh 

Nama nabi, pemimpin negara, dan selebriti kerap menginspirasi orang tua saat mencari nama bayinya. Persoalannya, pemimpin negara dan selebriti yang sedang populer bukan mustahil kelak akan berbuat kesalahan besar yang mencoreng citranya. Ingatlah, anak akan menyandang nama itu selamanya dan dia tumbuh di generasi yang berbeda dengan orang tuanya. 

 

Ejaan dan panggilan 

Perhatikan ejaan nama yang akan disandang bayi. Ejaan yang sulit kerap mendatangkan masalah dokumentasi. Orang bisa keliru menuliskannya. Lalu, coba dengarkan bagaimana pelafalan namanya oleh beberapa orang. Pikirkan pula nama panggilannya. Tinggalkan nama yang bisa dipelesetkan sebagai lelucon. 

 

Arti nama 

Tertarik dengan sebuah nama? Cari tahu terlebih dulu artinya. Cek juga maknanya dalam bahasa asing. Lalu, jika ingin memberi nama panjang, resapi padanan nama depan, tengah, dan belakangnya. Pilihlah nama yang paling bagus dan memiliki makna personal bagi ayah dan bunda. Buku dan laman internet kini makin banyak yang menyediakan contoh nama anak dari berbagai belahan dunia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement