Senin 29 Apr 2013 02:16 WIB

Begini Pola Makan Tepat untuk Lansia

Menu lansia
Foto: diet.ygoy.com
Menu lansia

REPUBLIKA.CO.ID, GIANYAR---Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengajak warga lanjut usia di wilayah Kabupaten Gianyar,Bali, untuk memperhatikan kesehatan dengan menjaga pola makan secara baik. "Keluhan yang dialami oleh para lansia itu hampir di seluruh organ tubuh vital akibat beberapa faktor, seperti pola makan kurang sehat dan jarang berolah raga," kata Ketua IDI Gianyar dr I Wayan Eka Darmadi, di sela-sela acara pemeriksaan kesehatan di Bali Safari and Marine Park di Jalan By Pass Ida Bagus Mantra.

 

Akibat kurang olahraga dan pola makan yang tidak sehat itu menimbulkan keluhan penyakit yang dirasakan oleh para lansia, mulai dari bagian kepala sampai organ tubuh terbawah. Keluhan sakit yang disampaikan adalah pusing, batuk pilek, rematik, ketajaman penglihatan berkurang, asam urat dan kolestorel meningkat. "Faktor usia juga menyebabkan fungsi organ vital tubuh semakin menurun, oleh karena itu harus diimbangi dengan gaya hidup sehat serta banyak beraktivitas," ujarnya.

Dokter Darmadi menjelaskan, pola makan sehat perlu diimbangi dengan pemanfaatan waktu secara teratur. Makanan yang dianjurkan adalah mengandung banyak serat atau sayuran. Selain itu buah-buahan juga sangat diperlukan membantu menjaga kondisi tubuh. "Para lansia sangat dianjurkan untuk berolahraga atau melakukan aktivitas supaya tulang tidak semakin keropos sehingga menimbulkan banyak penyakit," ucapnya.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement