Sabtu 27 Apr 2013 17:03 WIB

3.520 Siswa SD di Mukomuko Siap Ikut UN

Kertas Soal Ujian Nasional
Foto: ROL/Muda Saleh
Kertas Soal Ujian Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, MUKOMUKO -- Sebanyak 3.520 siswa SD/MIN/MIS di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, yang masuk dalam daftar nominasi tetap, siap mengikuti ujian nasional yang akan digelar, 7 - 9 Mei 2013.

"Pada dasarnya siswa SD kita sudah siap sejak awal, dan sebanyak 3.520 siswa SD itu masuk dalam daftar nominasi tetap ATAU DNT," kata Ketua Ujian Nasional Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Mukomuko, Apani, di Mukomuko, Sabtu (27/4).

Ia menyebutkan, sebanyak 3.520 orang peserta yang siap mengikuti UN sekitar dua minggu lagi itu tersebar di 115 SD Negeri dan 15 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri dan MI swasta di daerah itu.

Sekolah itu, ia mengatakan, tidak hanya berada di sepanjang Jalan Lintas Sumatera tetapi juga banyak yang berada di desa terpencil atau setiap desa terpencil itu ada SD Negeri.

"Jika SMA lebih banyak berada di sepanjang jalan, begitu juga dengan SMP, namun SD banyak di desa terpencil," katanya.

Sehingga, ia melanjutkan, lokasi untuk penitipan soal UN SD tidak hanya di Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) dan Pos Polisi (Pospol) saja tetapi ada juga di Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa).

"Kalau SMA hanya Mapolsek saja, begitu juga dengan SMP bertambah lokasinya di Pospol, namun lokasi untuk penitipan soal UN SD bertambah lagi di Babinkamtibmas dan Babinsa di desa terpencil," tambahnya.

Ia menjelaskan, soal UN dititipkan di Babimnkamtibmas dan Babinsa karena akses menuju desa yang ada SD negeri yang menyelenggarkan UN sulit untuk dijangkau dan jauh dari desa lain.

Untuk itu, ia menambahkan, keputusan untuk menambahkan jumlah lokasi penitipan soal UN SD untuk mempermudah distribusi soal ke SD Negeri penyelenggara UN di wilayah desa terpencil.

"Pengawasan tetap dilakukan guna mencegah jangan sampai soal UN SD itu bocor," tambahnya lagi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement