Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Polri: Motor Sumbang Angka Kecelakaan Paling Besar

Jumat 26 Apr 2013 20:31 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Motor Uje yang rusak

Motor Uje yang rusak

Foto: TMC

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ustaz Jefri Al-Buchori wafat saat motor yang dikendarainya menabrak trotoar di Jl. Gedung Hijau Raya, Pondok Indah, Jakarta Selatan Jumat (26/4) dini hari. Uje tewas akibat luka di tubuhnya setelah mengalami kecelakaan tunggal tersebut.
 
Kecelakaan mematikan melibatkan sepeda motor tidak hanya dialami Uje. Data kecelakaan lalu lintas selama tahun 2012 yang dilansir Divisi Humas Mabes Polri atas rekap Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) menyebutkan, sepanjang tahun lalu, ada 117.949 kecelakaan.
 
Dari ratusan ribu jumlah tersebut, lebih dari setengahnya disumbang oleh  angka kecelakaan sepeda motor. Ada 111.015 kali kecelakaan sepeda motor yang terjadi sepanjang tahun.
 
Jumlah ini dikatakan menurun bila dibanding tahun 2011 yang mencapai 151.591 kali kecelakaan sepeda motor. Masih dari data yang direkap Korlantas, penyebab kecelakaan lalu lintas jalan khususnya sepeda motor paling banyak disebabkan oleh faktor Human error sebesar 67 %. Sedangkan faktor lainnya, kondisi jalan seperti rusak, bergelombang dan unsur ingkungan misalnya hujan mencapai 33 %. Lalu sisanya, seperti kendaraan tak layak jalan 3 %.
 
Jumlah kecelakaan sepeda motor yang meningkat setiap tahunnya akibat kelalaian manusia, memang  menjadi faktor utama terjadinya peningkatan kecelakaan lalu lintas. Setidaknya ada 27.441 orang yang tewas akibatnya.
 
Dampak dari kecelakaan, potensi kerugian sosial justru dinilai paling besar. Seperti halnya Uje yang kini meninggalkan satu orang istri dan dua orang anak, para korban lainnya pun merasakan dampak yang sama.
 
Menurut analisis Polri, imbas sosial yang diciptakan dari kecelakaan sepeda motor ialah munculnya penduduk miskin baru di Indonesia. Pasalnya, mayoritas para korban kecelakaan adalah suami dan atau orang yang sebelumnya menjadi penopang hidup sebuah keluarga.
 
Sedangkan, untuk kerugian materil, Polri mengakalkulasikan akibat kecelakaan lalu lintas khususnya sepeda motor mencapai Rp 222.185.078.333.
 
Demikian data seputar kecelakaan lalu lintas di Indonesia yang didominasi oleh sepeda motor ini. Sayang, data soal jumlah kecelakaan di Indonesia ini belum merekap kejadian hingga empat bulan terakhir di tahun 2013 ini. Pasalnya, penyerapan data kecelakaan lalu lintas dari Polda di seluruh Indonesia terkumpul setiap akhir semester.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA