Selasa 23 Apr 2013 12:03 WIB

Mau Sukses Finansial? Simak Empat Langkahnya

Hitung penghasilan/ilustrasi
Foto: money.msn.com
Hitung penghasilan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Perencana keuangan Safir Senduk menyebutkan, sukses secara finansial adalah keberhasilan dalam mencapai tujuan finansial seseorang. ''Tujuan finansial bersifat pribadi dan berbeda untuk semua orang, karenanya ukuran sukses masing-masing orang juga berbeda,'' ujarnya. 

 

Secara garis besar, ia menyebutkan empat langkah yang harus ditempuh agar seseorang bisa mencapai sukses finansial di masa depan, yaitu: 

1. Menentukan tujuan di masa depan

2. Menentukan profesi yang pas

3. Mengelola penghasilan dengan baik

4. Menginvestasikan uang yang dimiliki

Bila langkah pertama dan kedua sudah Anda pilih, artinya Anda puas dengan pekerjaan Anda sekarang, maka mengelola penghasilan adalah langkah terpenting. Jumlah penghasilan yang didapat menjadi tidak bermanfaat jika tidak disertai kemampuan pengelolaan yang baik. 

''Seberapa pun besarnya penghasilan Anda, akan selalu terasa tidak mencukupi bila penghasilan itu tidak dikelola dengan baik,'' ujarnya. Yang paling penting dalam pengelolaan penghasilan selain peningkatan pendapatan adalah bagaimana mengendalikan pengeluaran-pengeluaran Anda, menyisihkan uang untuk ditabung, menyiapkan dana siaga, dan mengantisipasi resiko yang bisa mengancam kondisi keuangan. ''Tiap poin dalam pengelolaan penghasilan harus diperhatikan dengan cermat bila Anda ingin mempunyai kondisi keuangan yang memadai untuk mencapai tujuan-tujuan hidup Anda,'' tambahnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement