Sabtu 20 Apr 2013 08:07 WIB
Sepak Bola

Museum untuk Sang Bintang

Lionel Messi, menerima penghargaan pemain terbaik dunia FIFA, Ballon d'Or 2012 di Kongresshaus, Zurich, Switzerland pada Senin 7 Januari 2013. Ini adalah penghargaan keempat yang diterima pesepak bola asal Argentina tersebut.
Foto: AP PHOTO
Lionel Messi, menerima penghargaan pemain terbaik dunia FIFA, Ballon d'Or 2012 di Kongresshaus, Zurich, Switzerland pada Senin 7 Januari 2013. Ini adalah penghargaan keempat yang diterima pesepak bola asal Argentina tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, Dia yang hebat tentu bakal jadi kebanggaan banyak orang. Striker Barcelona Lionel Messi adalah 'sang profesor' di lapangan hijau yang tak hanya jadi kebanggaan publik Spanyol atas aksi impresifnya bersama Barcelona. Pemegang empat kali berturut-turut trofi Ballon d'Or itu juga menjadi pujaan di negara asalnya, Argentina.

Lionel Messi menjadi tokoh paling berpengaruh di Negeri Tango tersebut. Bukti kecintaan publik tanah kelahirannya tertuang saat pemerintah setempat berencana membuatkan Messi sebuh museum khusus untuk sang kapten tim nasional Argentina.

Rencana itu tak hanya sekadar wacana. Mantan Gubernur Provinsi Santa Fe, Hermes Binner, sebagai penggagas ide tersebut, sudah menjanjikan museum untuk sang bintang itu akan siap diresmikan pada 2015 mendatang. “Lionel Messi adalah kebanggaan kami semua. Kami antusias atas ide pembangunan musuem ini,” kata Binner, seperti dikutip Marca, awal pekan ini.

Biaya pembangunan museum itu, kata Hermes, akan dilakukan oleh bantuan anggaran pihak swasta. Museum Lionel Messi bakal masuk dalam megaproyek pembangunan museum yang bernama Museo del Deporte de Rosario (Museum Kota Rosario). Di atas hamparan tanah 32 hektare di selatan Kota Rosario, Museum Messi berada di dalam bagiannya.

Pada awalnya, lahan tempat untuk mendirikan museum itu sendiri merupakan lahan bekas latihan angkatan bersenjata Argentina. Lokasi tepatnya berada di area bernama Abanderado Grandoli, yang juga merupakan tempat Messi menghabiskan masa kecil bersama keluarganya. Seperti diketahui sebelumnya, Messi kecil adalah pemain junior Newell Old Boys, sebelum usia 12 tahun ia diboyong kedua orang tuanya ke Barcelona.

Museum itu nantinya akan menyimpan beragam replika trofi yang sudah dimenangi Messi sepanjang kariernya. Tak hanya itu, pemerintah setempat juga menghimpun semua benda-benda bersejarah yang pernah menghiasi kehidupan sang bintang. Semua barang bernilai sejarah itu rencananya diambil dari pihak keluarga Messi. “Keluarga Messi telah berkomitmen untuk menyediakan benda-benda unik untuk museum,” ujar Wali Kota Rosario, Monica Fein, kepada AFP.

Wali Kota menjanjikan, museum ini bakal menjadi destinasi yang tepat untuk para penggemar sepak bola di negerinya. Messi memang akan menjadi fokus dan sosok sentral di museum tersebut. Namun, kata Monica, museum itu juga bakal menampilkan pahlawan dari Rosario lainnya. Satu yang pasti, ada Angel di Maria di sana. Gelandang yang kini memperkuat Real Madrid itu juga merupakan bintang yang lahir dan besar sekampung dengan Messi. n angga indrawan ed: andri saubani

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement