Jumat 19 Apr 2013 14:51 WIB

Sir Chris Hoy: Juara Olimpiade Enam Kali Mengundurkan Diri

Red:
Sir Chris Hoy: Juara Olimpiade Enam Kali Mengundurkan Diri
Foto: sepeda.sportku.com
Sir Chris Hoy: Juara Olimpiade Enam Kali Mengundurkan Diri

SPORTKU.COM - Juara balap sepeda Olimpiade enam kali Sir Chris Hoy mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia balap sepeda di Edinburgh. Hoy yang genap berusia 37 tahun memutuskan untuk mengundurkan diri. "Selanjutnya saya akan menghabiskan waktu saya bersama istri tercinta. Tentu saja saya tidak akan sepenuhnya meninggalkan dunia sepeda," ujar Hoy sebagaimana dikutip situs bbc.co.uk.

Chris Hoy tercatat sebagai ambassador bagi tim balap sepeda yang akan berlaga di Glasgow Commonwealth Games. Dia juga mengambil bagian untuk mempersiapkan tim yang akan berlaga di Youth Olympics 2018. Sementara itu, Hoy juga akan mengadu peruntungannya di dunia bisnis dengan merilis sepeda menggunakan namanya. 

Hoy adalah superstar bagi dunia balap Inggris. Bukan hanya sukses di Olimpiade tapi karir Hoy memang spektakuler. Kemenangan pertamanya di Olimpiade terjadi di Athena 2004. Tiga medali emas berikutnya diperoleh di Olimpiade Beijing 2008 dan dua emas digondolnya juga pada Olimpiade London 2012. 

Pada Commonwealth Games, Hoy adalah momok yang menakutkan bagi pembalap-pembalap Negara Persemakmuran. Sejak 2002 hingga 2012, Hoy selalu memenangkan perlombaan pada kelas Time Trial, Team Sprint dan Keirin.

Oleh BBC Sport, Hoy dianugrahi "Personality of The Year 2008". Dia juga mendapat gelar kehormatan "Ksatria" dari Ratu Inggris dan berhak mencantumkan gelar "Sir" didepan namanya.  

 

sumber : sepeda.sportku.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement