Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Seblak Sushi, Paduan Makanan Sunda dan Jepang

Kamis 18 Apr 2013 13:49 WIB

Rep: Lingga Permesti/ Red: A.Syalaby Ichsan

Seblak Roll Sushi

Seblak Roll Sushi

Foto: sgsawunggaling.blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Makanan tradisional Sunda mulai terlupakan. Kalangan generasi muda hampir tak mengenal makanan tradisional. Pasalnya, makanan tradisional sudah terdesak oleh makanan cepat saji alias fastfood.

Meski demikian, terdapat kecenderungan pula saat ini makanan tradisional mulai dikembangkan dan digali kembali untuk memperkaya keragaman jenis makanan.

Agar makanan tradisional Sunda tak dilupakan begitu saja, Restoran Banana Inn  berkreasi dengan menyajikan percampuran antara masakan Sunda dan modern.

Banana Inn meluncurkan Sushi Seblak, makanan khas Sunda asli dengan sentuhan modern. Menurut Indra, menu ini dibuat agar masyarakat Sunda pada khususnya tetap membudayakan makanan tradisional.

"Selama ini seblak identik dengan makanan orang Sunda. Kita coba mengangkat makanan ini dengan memodifikasinya dengan menu Jepang,"ujar Executive Chef Banana Inn, Indra Herdian.

Sushi Seblak, katanya, tak berbeda dengan seblak pada umumnya.  Cara pembuatannya pun tak berbeda jauh, hanya bedanya dari tambahan bahan-bahan asal Jepang. Seblak sushi ini terbuat dari kerupuk tapioka, gohang atau nasi Jepang, nori atau rumput laut dan tanuki (tepung yang digoreng) dan bahan lainnya.

Kemudian, Sushi Seblak akan disajikan bersamaan dengan sup asal Jepang, Misosiru. “Jadi seblaknya itu berada di dalam sushi,”ujar Indra.

Seblak sushi ini, ujarnya, terdiri dari level 1 sampai 25, yang membedakan adalah tingkat kepedasannya. Seiring berjalannya waktu, makanan seblak sushi ini menjadi makanan yang banyak dipesan oleh para pengunjung Banana Inn.

"Setelah itu dibuat satu layer nasi, kemudian dipanir dengan tepung, lalu digoreng,"ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA