Selasa 16 Apr 2013 13:56 WIB

GP Bahrain, Pelanggaran HAM di Balik Megahnya Formula 1

Red:
GP Bahrain, Pelanggaran HAM di Balik Megahnya Formula 1
Foto: mobil.sportku.com
GP Bahrain, Pelanggaran HAM di Balik Megahnya Formula 1

SPORTKU.COM - Lanjutan seri keempat ajang Formula 1 musim 2013 Grand Prix Bahrain memiliki sisi lain. Ya, mungkin sebagian warga Bahrain ataupun pencinta F1 di dunia dengan sukacita menyambut gelaran akbar tersebut. Namun apa jadinya jika sebuah ajang bergengsi kelas dunia berlangsung di sebuah negara dengan kondisi tidak stabil? Apalagi jika venue dan proses penyelenggaraan ajang bergengsi tersebut memiliki muatan pelanggaran hak asasi manusia.

Grand Prix Bahrain dijadwalkan akan berlangsung Minggu, 21 April akhir pekan ini. Namun, protes serta reaksi negatif warga Bahrain terhadap penyelenggaraan F1 justru semakin gencar. Banyak hal yang melatarbelakangi tuntutan boikot F1 di Bahrain.

Dilansir dari situs independent.co, Selasa (16/4), saat sirkuit dibangun ratusan warga desa menjadi korban akibat kuasa kapitalis. Mereka juga diserang bahkan dilukai oleh Kepolisian Bahrain saat mencoba mempertahankan desanya. Lebih parah lagi, penyerangan yang dilakukan polisi tersebut juga menggunakan bom serta gas air mata.

"Tidak hanya itu, hingga saat ini kepolisian Bahrain masih melakukan pengamanan di pemukiman dekat area sirkuit yang menciptakan rasa takut," ujar Yousif Al Muhafda, juru bicara Bahrain Center of Human Rights.

Kondisi ini juga ditanggapi oleh mantan juara dunia F1, Damon Hill. "Kami ingin menikmati F1, banyak hal positif yang bisa diambil dari balapan tersebut. Tapi berhentilah menyerang sesama. Saya tidak akan berangkat ke Bahrain jika warga Bahrain masih diperlakukan dengan buruk."

Sementara itu, isu pelanggaran HAM ini juga membuat beberapa sponsor menarik kembali kerjasama mereka. Vodafone misalnya, mereka mencabut kembali sponsorship GP Bahrain setelah mengetahui apa yang terjadi.

Pada dasarnya tentu sangat disayangkan jika dibalik megahnya gelaran F1, ratusan orang harus menjadi tumbal dan diperlakukan tidak layak.

Spanduk protes warga Bahrain atas penyelenggaraan F1 GP Bahrainformula 1, f1, boikot, gp bahrain, pelanggaran ham,

sumber : mobil.sportku.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement