Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Turunkan Tekanan Darah dengan Buah Bit

Selasa 16 Apr 2013 11:52 WIB

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih

Jus buah bit

Jus buah bit

Foto: www.portalkesehatan.com

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Minum segelas jus buah bit ternyata dapat menurunkan tekanan darah. Dalam studi yang melibatkan 15 pasien, diketahui kalau segelas jus buah bit 250 ml menurunkan tekanan darah hingga 10 mmHg.

Efek dari meminum jus buah bit dapat dideteksi sehari setelahnya. Namun, tanda penurunan tekanan darah sudah terlihat antara tiga-enam jam setelah meminum jus buah bit.

Ilmuwan mengatakan nitrat dalam buah bit melonggarkan pembuluh darah sehingga aliran darah semakin lancar. Banyak orang yang menggunakan obat nitrat untuk menekan gejala tekanan darah tinggi.

Peneliti dari Barths Health NHS Trust dan London Medical School mengatakan, memang perlu adanya penelitian lebih lanjut. Mereka juga memperingatkan konsekuensi minum jus buah bit yang dapat membuat warna urin menjadi merah jambu. 

Nitrat secara alami ditemukan pada tanah. Zat itu diambil sayuran dari akar untuk membuatnya tumbuh. "Kami terkejut bagaimana nitrat dalam jumlah kecil dapat membuat efek yang besar," ujar peneliti, Amtrita Ahluwalia dilansir BBC

Dia mengatakan diet nitrat dengan sayuran berdaun hijau atau buah bit dapat meningkatkan kesehatan cardiovascular. Direktur Medis di Yayasan Jantung Inggris, Peter Weissberg menambahkan penelitian tersebut menyarankan pentingnya makan sayuran. 

"Tapi kita butuh studi yang melibatkan pasien lebih banyak untuk mempertimbangkan efektivitas sayuran kaya nitrat akan menurunkan tekanan darah dalam waktu lama," ujarnya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA