Selasa 09 Apr 2013 19:25 WIB

Ini Empat Tahap Tidur

Rep: Nur Aini/ Red: Heri Ruslan
Anak tidur
Foto: Oprah
Anak tidur

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tidur bagi setiap orang merupakan proses yang setiap tahapnya memiliki ciri-ciri tertentu. Setiap 60-100 menit sekali, setiap orang akan melalui empat siklus tahap tidur.

Tahap pertama adalah mengantuk. Kondisi ini merupakan keadaan antara terjaga dan tidur. Orang yang mengantuk akan bernapas lambat, otot-otot rileks, dan denyut jantung menurun.

Tahap kedua adalah tidur sedikit lebih dalam. Dalam tahap ini, orang mungkin merasa terjaga, tapi mungkin juga tidur dan tidak menyadarinya.

Tahap ketiga dan keempat atau tidur dalam merupakan tahap yang sulit untuk dibangunkan. Orang sulit dibangunkan karena tubuh orang akan mencapai titik aktivitas paling rendah.

Dilansir dari BBC, setelah tidur dalam, orang akan kembali ke tahap kedua selama beberapa menit. Kemudian, dia akan masuk ke tahap mimpi atau disebut Rapid Eye Movement (REM).

Dalam siklus tidur penuh, orang akan mengalami semua tahap tidur dari satu hingga empat. Kemudian, dia akan kembali ke tahap tiga dan dua, sebelum masuk ke tahap mimpi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement