Jumat 12 Apr 2013 14:09 WIB

Sehatkah Rambut Anda? Ini Cara Mengujinya

Rambut sehat/ilustrasi
Foto: artofcosmetics.com
Rambut sehat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Ingin punya rambut sehat? Perawatan adalah syarat terpenting. Untuk mengetahui perawatan seperti apa yang pas untuk rambut, maka terlebih dahulu Anda perlu tahu kondisi rambut Anda saat ini. Nah, untuk mengetahui apakah rambut Anda termasuk dalam kategori sehat atau tidak, Jerry Pravda, salah satu penata rambut terkemuka di Indonesia, memberi tipsnya untuk Anda.

* Cabutlah sehelai rambut Anda dan letakkan pada selembar kertas putih. Amati rambut tersebut dengan menggunakan kaca pembesar mulai dari akar hingga ujungnya, kemudian bandingkan lebar atau tebal akar dengan ujung rambut. Jika tebalnya sama, maka rambut Anda tergolong rambut yang sehat. Sedangkan jika ujungnya tampak lebih tipis, maka rambut Anda dalam kondisi tidak sehat dan memerlukan perawatan khusus.

* Ambil sehelai rambut Anda, kemudian rasakan dengan menggunakan jari telunjuk dan ibu jari Anda mulai dari akar hingga ujungnya. Setelah itu, lakukan arah sebaliknya (dari ujung hingga akar rambut). Rambut yang sehat akan menimbulkan rasa yang sama pada kedua arah, sedangkan rambut tidak sehat akan menimbulkan rasa kasar terutama pada arah ujung hingga akar rambut.

* Pisahkan sehelai rambut Anda (tidak perlu dicabut), sentuh rambut tersebut dengan menggunakan kuku jari telunjuk dan ibu jari sebanyak tiga kali. Jika rambut menjadi melengkung, maka rambut Anda tergolong rambut sehat. Sedangkan jika rambut tetap lurus tidak melengkung, maka rambut Anda tidak sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement