Rabu 10 Apr 2013 10:07 WIB

Mendesain Kamar Tidur Sendiri, Caranya?

Kamar tidur
Foto: stanfordflipside.com
Kamar tidur

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah rumah tidak dapat disebut rumah jika tidak ada kamar tidur di dalamnya. Kamar tidur merupakan tempat yang sangat pribadi. Di sinilah kita bisa dan biasa melakukan berbagai aktivitas yang pribadi sifatnya. Tidak hanya itu, di kamar tidur kita juga bisa mendapatkan kenyamanan dan kesegaran setelah lelah melakukan berbagai aktivitas kehidupan.

Singkatnya, kamar tidur memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam kehidupan kita. Karena itu, kita harus menjaga dan merawat kamar tidur agar tampak lebih indah dan terawat.

Kamar tidur yang tertata secara apik dengan dekorasi yang cantik dan indah akan membuat kita merasa nyaman dan senang tinggal di dalamnya. Sebaliknya, kamar tidur yang serba semrawut dan tidak tertata membuat kita tidak akan betah tinggal berlama-lama di dalamnya.

Selain memerlukan kecermatan dan ketelitian, mendesain kamar tidur juga membutuhkan naluri dan jiwa seni tersendiri. Namun, itu sangat tergantung dari referensi dan selera yang dimiliki oleh masing-masing orang. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendesain dan menata kamar tidur Anda agar tampak lebih indah, tertata, dan membuat nyaman penghuninya. (www.interiorcorner.net)

1. Sebelum mendesain kamar tidur, Anda harus tahu terlebih dahulu ukuran dan luas kamar tidur Anda. Ini penting untuk menyesuaikan dekorasi dan barang-barang yang bisa Anda tempatkan di kamar tidur.

2. Untuk kenyamanan pilihlah tempat tidur yang benar-benar cocok dengan selera Anda. Selain itu, tentunya harus disesuaikan dengan ukuran kamar tidur Anda. Artinya, tempat tidur jangan terlalu banyak memakan tempat atau justru sebaliknya. 

3. Sebaiknya Anda memilih warna-warna yang lembut pada kamar tidur. Ini akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi ruangan privasi tersebut. Warna yang lembut juga akan memberikan kesan yang luas pada ruangan.

4. Perhatikanlah ventilasi dan jendela. Ventilasi tidak hanya untuk aksesori namun juga memiliki fungsi untuk kesehatan mental dan fisik. Ventilasi yang baik akan memudahkan sirkulasi udara bisa dengan lancar masuk dan keluar. Ini akan membawa dampak yang postif bagi kesehatan. Demikian halnya dengan jendela kamar tidur. Untuk lebih menambah nilai keindahan, Anda bisa menghiasi jendela dengan tirai. Warna putih dan krem bisa menjadi pilihan warna yang tepat karena bisa mewakili gaya modern ataupun klasik. 

5. Televisi juga bisa Anda letakkan di kamar tidur Anda. Dengan menonton televisi, maka Anda bisa lebih bersantai di kamar tidur. Namun yang perlu diperhatikan, jarak antara televisi dengan tempat tidur Anda harus dijaga. Jangan terlalu dekat agar tidak merusak mata Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement