Tuesday, 3 Jumadil Awwal 1443 / 07 December 2021

Tuesday, 3 Jumadil Awwal 1443 / 07 December 2021

Korut Siap Uji Coba Rudal?

Senin 08 Apr 2013 05:21 WIB

Red: Endah Hapsari

Rudal Korut/ilustrasi

Rudal Korut/ilustrasi

Foto: AFP

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG---Seorang pejabat tinggi keamanan nasional Korea Selatan mengatakan Korea Utara mungkin sedang mempersiapkan uji coba misil atau aksi provokatif lainnya pekan ini dengan memperingatkan bahwa negara itu dalam waktu dekat tidak akan dapat menjamin keselamatan para diplomat di Pyongyang.

 

Kim Jang-Soo, kepala penasihat keamanan  nasional President Park Geun-Hye, mengatakan, uji coba peluncuran atau provokasi lainnya mungkin berlangsung sebelum atau sesudah Rabu, hari bagi para diplomat untuk meninggalkan ibukota, Pyongyang, seperti  yang dianjurkan Korea Utara.

Seperti dilansir situs VOA, dia mengatakan tujuan Korea Utara yang sesungguhnya adalah memaksa untuk mendapat  konsesi diplomatik dari Washington dan Seoul, tetapi ia menambahkan bahwa Korea Selatan mempertahankan kesiapan militernya, meskipun ancaman Pyongyang itu retorika belaka.

Seorang pejabat tinggi militer Korea Selatan menangguhkan pertemuan di Washington dengan ketua gabungan kepala staf Amerika karena meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea.  Jenderal Amerika Martin Dempsey dijadwalkan bertemu pada 16 April dengan sejawatnya dari Korea Selatan, Jenderal Jung Seoung-jo. Tetapi seorang jurubicara Gabungan Kepala Staf Korea Selatan menyatakan Seoul khawatir Pyongyang mungkin melancarkan provokasi militer sewaktu Jenderal Jung di luar negeri.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA