Jumat 05 Apr 2013 14:58 WIB

Lima Langkah Merangkai Mawar

Rep: Wachidah Handasah/ Red: Endah Hapsari
Rangkaian mawar
Foto: ehow.com
Rangkaian mawar

REPUBLIKA.CO.ID, Sudut ruang tamu tampak cantik berhiaskan rangkaian bunga yang tertata dalam jambangan. Begitu pun meja makan. Terlihat lebih indah dan menggugah dengan rangkaian bunga di tengahnya. 

Walau banyak orang suka menikmati rangkaian bunga seperti itu, namun tak banyak orang yang bisa merangkainya sendiri. Padahal sebenarnya, merangkai bunga bukanlah pekerjaan yang terlalu sulit. Tips mengenai langkah-langkah merangkai mawar yang ditampilan kali ini bisa menjadi bukti betapa mudahnya merangkai bunga. 

Sebelum mulai merangkai, ada baiknya Anda perhatikan bentuk fisik mawar yang akan dirangkai. Saat membeli di toko bunga misalnya, pastikan mawar yang Anda pilih masih tampak segar tanpa bintik-bintik coklat di tiap helai daun bunganya. Jika bunga itu dijual dalam bentuk ikatan, cobalah membuka ikatannya. Lalu, periksa ujung batangnya. Pastikan ujung batang itu terendam dalam air, tampak segar, dan hijau. Jangan sekali-kali Anda pilih mawar yang batangnya tampak gelap atau hitam. 

Setelah yakin mendapat bunga mawar yang baik, bersiaplah merangkainya. Persiapkan sekitar 12 tangkai mawar, potong sepanjang 20 cm. Tapi, bunga mawar saja tidaklah cukup. Anda harus menyiapkan pula bahan-bahan pelengkapnya yaitu: vas kaca berdiameter sekitar 14 cm dan tinggi 12,5 cm, daun pakis (bisa imitasi, bisa juga asli) lalu potonglah menjadi lebih kecil sesuai ukuran vas, daun jeruk lemon (kalau tidak ada bisa pakai daun yang lain), bunga pelengkap (di sini memakai alstromeria, tapi Anda bisa juga pakai bunga yang lain). 

Kini mulailah merangkai. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini: 

1. Atur daun pakis secara horisontal pada bibir vas. Untuk daun yang berada di bagian tengah, letakkan agak vertikal. Pastikan tangkai daun pakis ini terendam dalam air. Dalam gambar terlihat tangkai daun-daun ini bersilangan. Posisi seperti ini akan memudahkan dalam memasukkan tangkai-tangkai bunga mawar. 

2. Di sela-sela daun pakis, selipkan beberapa tangkai daun jeruk lemon.

3. Masukkan 6-7 tangkai mawar dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Tatalah bunga-bunga itu mengelilingi vas. Jangan lupa selipkan satu tangkai di bagian tengah vas. Usahakan panjang tangkai mawar-mawar ini sama sehingga rangkaian akan tampak lebih rapi. 

4. Masukkan sisa mawar yang ada. Tempatkan mawar-mawar itu untuk mengisi ruang yang terlihat masih kosong. 

5. Tambahkan bunga pelengkap. Selipkan bunga ini di antara mawar-mawar itu dan bagian-bagian lain yang tampak masih kosong. Kini, sebuah rangkaian mawar telah tercipta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement