Kamis 04 Apr 2013 16:54 WIB

Sikap PPI Malaysia Terkait Pemilu 2014

PPI Malaysia
Foto: PPI
PPI Malaysia

 

Bersyukur pada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah begitu banyak menganugerahkan bangsa kita episode kehidupan yang demokratis, jujur dan kredibel bagi transisi kepemimpinan Indonesia menuju kepemimpinan globalnya di masa depan.

Sebagaimana diketahui, bahwa Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri berdasarkan Rilis resmi Komisi pemilihan Umum (KPU) dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) pada 14 Desember 2012 sejumlah 4.694.484 orang yang tersebar di berbagai penjuru dunia di 167 wilayah negara rangkapan KBRI. Dari data tersebut, seluruh perwakilan RI mencatat jumlah WNI terbesar berada di Malaysia, yaitu 1.259.972 orang (26.84%). Sehubungan dengan itu, KPU telah menandatangani nota kesepahaman dengan Kemenlu tentang penyelenggaraan pemilu bagi warga negara Republik Indonesia di luar negeri, serta upaya peningkatan jumlah pemilih untuk Pemilu 2014 di kantor KPU Pusat (6/12/2012).

Bila merujuk pada penyelenggaraan Pemilu di Luar Negeri (Pemilu-LN) sedunia di tahun 2009, dari daftar pemilih sebanyak 1.475.847 orang, WNI yang menggunakan hak pilihnya hanya 329.161 orang atau 22,3%, secara khusus Panitia Pemilihan Luar Negeri -PPLN di Malaysia, melaporkan jumlah partisipasi pemilihnya mencapai 169.457 orang atau setara 51.48% seluruh pemilih luar negeri (buku ”Diplomasi Perjuangan Kedutaan Tersibuk didunia", terbitan KBRI KL dan LKBN Antara, 2010). Sementara melalui MOU-nya bersama Kemlu tersebut, KPU mengharapkan peningkatan partisipasi pemilih untuk Pemilu 2014 dari 22,3% menjadi 75% sebagaimana ditargetkan KPU dalam rilisnya, di Jakarta, Senin (4/3/2013).

Terkait hal itu, Persatuan Pelajar Indonesia se-Malaysia (PPIM) yang saat ini juga menjadi Koordinator Persatuan Pelajar Indonesia sedunia (PPI-dunia) merasakan dan menjiwai betul makna dan urgensi terwujudnya Kualitas kepemimpinan yang penuh Wibawa, Bermartabat dan Visioner terutama melalui Perhelatan Nasional Pemilu 2014 yang akan datang.

Melalui tulisan ini, PPIM akan berkomitmen untuk mendukung penuh pihak Perwakilan Republik Indonesia dalam hal ini KBRI dan KJRI di seluruh Malaysia, maupun perwakilan RI seantero dunia dalam menjaga amanah WNI di luar negeri. Dengan ini, kami menyatakan siap ambil bagian penting dalam kesuksesan penyelenggaran Pemilu 2014 berikut rangkaiannnya yang telah dimulai awal tahun 2013 ini.

Selain itu, kami menghimbau pula kepada Pelajar Indonesia di seluruh dunia, melalui PPI-dunia ini agar sahabat seperjuangan sekalian untuk dapat berpartisipasi positif dan kontributif bagi kesuksesan penyelenggaraan Pemilu 2014 di luar negeri mendatang yang Kredibel dan Berkualitas. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa Meridhoi perjuangan kita dan masyarakat Indonesia seluruhnya mendapat manfaat akan peran positif mahasiswa Indonesia di luar negeri.

Ketua Umum Persatuan Pelajar Indonesia se-Malaysia

Muhamad Yunus

Rubrik ini bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement