Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Jon Erizal: Bangsa Maju karena Menghargai Sejarah

Kamis 04 Apr 2013 15:53 WIB

Red: Heri Ruslan

Jon Erizal seusai ziarah ke makam raja-raja di Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Provinsi Riau.

Jon Erizal seusai ziarah ke makam raja-raja di Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Provinsi Riau.

Foto: istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNGPINANG -- Bakal Calon Gubernur Riau, H Jon Erizal MBA menegaskan, sebuah bangsa akan maju apabila menghargai dan memahami sejarah bangsanya.

Menurut dia, Riau akan menjadi daerah termaju dan berprestasi jika meneladani perjuangan dan komitmen para pendahulunya.

''Tak ada bangsa yang maju tanpa memahami sejarah bangsa itu. Amerika sangat menghargai sejarahnya. Cina dan Eropa semua memberi perhatian utama terhadap perjalanan sejarah bangsanya,'' ujar Jon Erizal seusai ziarah ke makam raja-raja di Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Provinsi Riau, Rabu (3/4).

Menurut JE, masyarakat Riau harus bangga karena daerah itu telah menjadi sejarah penting bagi Indonesia.

Jon Erizal juga berziarah ke makam Raja Ali Haji, Pahlawan Nasional Bidang Bahasa Indonesia. Raja Ali Haji dikenal sebagai pengarang Gurindam Dua Belas yang sangat terkenal itu.

Keturunan Sultan Riau Penyengat ini dianugerahi Pahlawan Nasional Bidang Bahasa Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden No. 089/TK/Tahun 2004 tanggal 5 November 2004.

Jon Erizal mengaku bahagia dapat berziarah ke makam raja-raja di Pulau Penyengat sekaligus shalat di Masjid Sultan Riau Penyengat.

‘’Saya berbahagia sekali dapat kesempatan berkunjung ke Penyengat. Sebagai warga masyarakat yang menghormati sejarah dan menghargai kebudayaan, kunjungan seperti ini perlu dilakukan. Banyak hikmah yang kita petik, di antaranya Bahasa Melayu Riau ternyata sebagai cikal bakal Bahasa Indonesia,’’ tuturnya.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA