Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Badan Kurus Pertanda Cacingan?

Selasa 02 Apr 2013 11:54 WIB

Red: Endah Hapsari

Badan Kurus Pertanda Cacingan?

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, umur saya 16 tahun, TB: 176 cm dan BB: 49 kg, jauh dari berat ideal. Apakah saya cacingan? Tapi tidak ada tanda seperti perut buncit, lesu/ kurang darah, hanya kadang setelah BAB seperti ada rasa gatal di dubur. Mohon dibantu ya dok.  Terima kasih. Salam.

U (16 tahun)

Jakarta

 

Jawaban:

Salam untuk Adinda U di Jakarta, dalam hal ini perlu dilakukan pemeriksaan penunjang laboratorium, dimana observasi atas cacingan dapat dan bisa dipastikan dengan melihat hasil pemeriksaan feses, yang akan terlihat telur cacing apa di dalam perut Anda.

Berkaitan dengan kondisi gatal di anus, hal ini bisa juga disebabkan oleh wasir maupun cacing kremi (sejenis cacing yang kecil seperti parutan kelapa). Dari tinggi dan berat badan, Anda memang kelihatan kurus, namun menimbang usia yang masih 16 tahun maka masih dikategorikan dalam masa pertumbuhan.

Sehingga, dapat dimungkinkan pertambahan berat dan tinggi badan, dimana nantinya pada usia di atas 30 tahun Anda akan terlihat makin gemuk. Nah yang dapat dilakukan sekarang adalah hidup sehat dengan makan yang bernutrisi serta seimbang ditambah berolahraga.

Bersambung dengan kondisi tubuh yang kurus, minum susu bisa dijadikan pelengkap asupan dari makanan langsung. Waspada bila badan semakin bertambah kurus disertai dengan penurunan nafsu makan dan diiringi dengan kondisi lemah dan lesu. Hal tersebut perlu diperiksakan lebih lanjut ke dokter Anda, demikian-salam. 

dr Untung Sudomo, SpPD, KGEH, FINASIM, MARS

Spesialis Penyakit Dalam di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA