Senin 01 Apr 2013 21:47 WIB

UNY dan STAIN Zawiyah Jalin Kerja Sama Penelitian

Kampus Universitas Negeri Yogyakarta
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.IDYOGYAKARTA--Universitas Negeri Yogyakarta menjalin kerja sama dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Zawiyah Cot Kala, Langsa, Aceh Timur, dalam bidang pendidikan, pengajaran, penelitian, pengembangan, kegiatan ilmiah, dan pengabdian pada masyarakat.

Nota kesepahaman itu ditandatangani Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Dr Rochmat Wahab dan Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Zawiyah Cot Kala Dr Zulkarnaini di Yogyakarta, Senin.

Zulkarnaini mengatakan STAIN Zawiyah Cot Kala merupakan perguruan tinggi agama Islam baru yang diresmikan pada akhir 2006, tetapi telah berdiri sejak 1980-an.

"STAIN itu merupakan rekomendasi dari seminar Islam Asia Tenggara untuk mendirikan perguruan tinggi di Aceh Timur. Kami memiliki tiga jurusan yakni syariah, dakwah, dan tarbiyah yang membawahi 11 program studi," katanya.

Menurut dia, Kota Langsa merupakan kota kecil di wilayah paling timur yang berbatasan langsung dengan Sumatra Utara. Pada saat konflik Aceh, pendidikan di Langsa tersendat, padahal dulu pada zaman Kerajaan Perlak pendidikannnya maju hingga memiliki asrama pendidikan (zawiyah).

Selain itu, juga banyak mahasiswa di perguruan tinggi tersebut yang berasal dari keluarga miskin, di mana pada pagi hari mereka kuliah, sedangkan malam hari mereka bekerja di warung kopi.

"Oleh karena itu, kerja sama dengan UNY itu selain membekali mahasiswa dalam kuliah kerja nyata (KKN) juga untuk meratakan pendidikan," katanya.

Rochmat mengatakan pada masa sekarang kebutuhan kerja sama mutlak adanya terutama kerja sama pendidikan beberapa perguruan tinggi di barat dan timur Indonesia. Banyak keluarga di wilayah itu yang merindukan kerja sama tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement