Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Orang Tua Wariskan Kecerdasan

Selasa 26 Mar 2013 19:48 WIB

Rep: Feri Kisihandi / Red: M Irwan Ariefyanto

Mitokondria DNA (ilustrasi)

Mitokondria DNA (ilustrasi)

Foto: mitochondrialdnatesting.com

REPUBLIKA.CO.ID,CANBERRA — Kecerdasan orang tua diwariskan kepada anaknya. Sebuah penelitian mengungkapkan, pewarisan ini mencapai hingga 40 persen. Ilmuwan dari Universitas Queensland, Australia, yang menyatakan penemuan ini. Mereka menganilisis data genetik berupa sampel DNA dan skor IQ ribuan anak dari empat negara.

Data tersebut berasal dari 18 ribu anak berusia antara enam hingga 18 tahun. Mereka berasal dari Australia, Belanda, Inggris, dan Amerika Serikat (AS).  Fokus utama peneliti itu adalah memastikan apakah kecerdasan itu alamiah atau diwariskan. Mereka melihat kenyataan antara 20 dan 40 persen IQ anak-anak terkait faktor-faktor genetik.

Hasil ini berbeda dari penelitian sebelumnya yang angkanya menyentuh 40-50 persen. “Perkiraan ini mengacu pada informasi DNA. Memang lebih rendah, tetapi konsisten dengan kesimpulan bahwa kecerdasan dapat diwariskan,” kata peneliti Beben Benyamin kepada ABC, pekan lalu. Ia menambahkan, gen yang dikenal dengan nama FNBP1L secara signifikan berhubungan dengan kecerdasan anak.

Gen yang sama juga menunjukkan bagian kecerdasan orang-orang dewasa. Biasanya, para ilmuwan memperhatikan gen bernama single-nucleotide polymorphisms (SNPs) untuk mendapatkan informasi tepat mengenai informasi genetik. Namun, Benyamin menyatakan timnya tak berhasil mengungkapkan keberadaan SNPs pada kecerdasan anak.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA