Thursday, 12 Rabiul Awwal 1442 / 29 October 2020

Thursday, 12 Rabiul Awwal 1442 / 29 October 2020

PTDI Bakal Penuhi Pesanan Airbus

Kamis 21 Mar 2013 18:58 WIB

Rep: Sefti Oktarianisa/Arie Lukihardianti/ Red: Dewi Mardiani

PT Dirgantara Indonesia

PT Dirgantara Indonesia

Foto: Rezza Estily/Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Dirgantara Indonesia (Persero) bakal membuat pesawat untuk Airbus. BUMN yang berpusat di Bandung ini akan memenuhi pesanan pembuat pesawat asal Eropa itu untuk tiga tipe pesawat, A320, A350, dan A380.

Menurut Direktur Operasi PTDI, Supra Dekanto, khusus untuk A320 dan A350, PTDI bakal membuat komponen sayap. "Sementara itu A380, pangkal sayap," tegasnya, Kamis (21/3). Sebenarnya kontrak sudah terjadi sejak 2008 lalu.

Kontrak memiliki jangka waktu 10 tahun hingga 2018. "Kita mendapatkan Rp 7 miliar setiap bulan dari kontrak ini," ujarnya. Seluruh material diberikan dari Airbus. Terkait kabar yang mengatakan komponen ini akan diberikan kepada Lion Air, Supra mengaku tak mengetahui hal ini.

Sebagaimana diketahui, awal pekan Lion Air menandatangani perjanjian pemesanan Airbus A320 di Prancis. "Saya kurang tahu apakah direct ke Lion atau bukan," katanya. "Yang pasti kita memang selalu penuhi supply yang Airbus mau."

Sementara itu, Komisi VI DPR, Ferrari Romawi, mengatakan kerja sama ini pasti akan membawa tren positif, terutama bagi BUMN strategis namun menghadapi persoalan kondisi keuangan. Karenanya, ia menilai Kementerian BUMN harus memiliki rencana matang untuk industri-industri yang berada di bawahnya. "Memang ada grand desain. Tapi selama ini belum terarah," tegasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA