Rabu 20 Mar 2013 21:35 WIB

Mau Tahu Caranya Cegah ISPA? Cermati Ini

Rep: Andi Ikhbal/ Red: Dewi Mardiani
Pilek/ilustrasi
Foto: guardian.co.uk
Pilek/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Maraknya penyakit yang belakangan ini mewabah di kalangan masyarakat merupakan jenis infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) yang disebabkan oleh virus. Meski kondisi cuaca dinilai berpengaruh pada penyebaran penyakit tersebut, namun ada hal yang diyakini dapat memperbaiki ketahanan tubuh dan mencegah penularan ISPA. Mau tahu?

Pakar Kesehatan Universitas Islam Indonesia (UII), Rusdi Lamsudin, mengatakan virus tersebut bisa diantisipasi dengan cara mengubah pola makan dan konsumsi gizi secara tepat. Selain itu, olahraga juga dianggap penting guna mengoptimalkan metabolisme tubuh dalam menyerap asupan tersebut.

“Bila perlu, bangun dini hari untuk sholat tahajud. Itu sangat bermanfaat untuk kesehatan,” kata Rusdi di Yogyakarta, Rabu (20/3). Dikatakannya, perubahan cuaca saat ini memang berdampak signifikan bagi kesehatan masyarakat.

Rusdi mengatakan, penyebaran virus tersebut tidak terjadi secara berkala karena merupakan penyakit musiman. Karena itu, perlu ada upaya preventif guna mengantisipasinya.

Adapun gambaran umum tentang penyakit itu mencangkup hidung, sinus, mulut, faring dan laring. Kemudian, saluran pernapasan bawah terdiri dari trakea, bronki, bronkioli, dan alveoli. Dengan begitu, jenis ISPA bukan hanya pilek, flu dan batuk, melainkan juga bronkitis, bronkiolitis, dan pneumonia. “Penyebaran virus memang rentan terjadi saat ini,” ujar mantan Dekan Fakultas Kedokteran UII, Yogyakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement