Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

PGSD Masih Favorit di Universitas Negeri Semarang

Senin 18 Mar 2013 19:00 WIB

Red: Taufik Rachman

Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG--Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Semarang ternyata masih jadi favorit pilihan pendaftar dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2013.

Menurut Pembantu Rektor I Unnes Agus Wahyudin di Semarang, Senin, prodi PGSD beberapa tahun ini selalu menempati urutan pertama dengan jumlah pendaftar terbanyak dalam penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi itu.

Ia menyebutkan jumlah pendaftar Unnes lewat SNMPTN 2013 yang menjadikan PGSD sebagai pilihan pertama sebanyak 6.610 orang dari total pendaftar untuk prodi tersebut yang mencapai 11.745 orang.

"Total pendaftar Unnes lewat SNMPTN tahun ini mencapai 99.670 orang. Prodi PGSD terbanyak pendaftarnya diikuti Prodi Manajemen, Akuntansi, Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan Pendidikan Matematika," katanya.

Pada urutan kedua, kata Penanggung Jawab SNMPTN Unnes tersebut, pendaftar Prodi Manajemen totalnya tercatat 7.703 orang, dan sebanyak 3.651 orang di antaranya menjadikan prodi itu sebagai pilihan pertama.

Prodi Akuntansi pada urutan ketiga, total pendaftar sebanyak 5.672 orang (2.698 pilihan pertama), Prodi IKM total 4.994 pendaftar (2.056 pilihan pertama), dan Pendidikan Matematika 4.192 pendaftar (2.237 pilihan pertama).

Banyaknya pendaftar untuk prodi PGSD, kata dia, kemungkinan berkaitan dengan prospek lulusannya ke dunia kerja, mengingat sekarang dan beberapa tahun ke depan akan banyak tenaga guru di SD yang memasuki masa pensiun.

"Saya rasa itu berpengaruh juga, akan banyak formasi guru SD yang kosong karena guru-guru pensiun. Kami melihat selama PGSD memang selalu menjadi prodi yang favorit dibandingkan prodi-prodi lain," katanya.

Namun, ia mengakui dari peta pendaftar Unnes melalui SNMPTN 2013 ada kecenderungan peminatan prodi yang berubah dibandingkan tahun lalu dilihat dari lima besar prodi favorit, yakni pada prodi IKM.

"Biasanya, PGSD, Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Bahasa Inggris selalu masuk lima besar. Setidaknya dilihat dari SNMPTN tahun lalu. Namun, tahun ini Prodi IKM masuk lima besar," katanya.

Posisi kelima prodi dengan jumlah pendaftar terbanyak yang tahun lalu diraih Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, kata Agus, tergeser oleh Prodi IKM sebagai mana terlihat dalam peta pendaftaran SNMPTN undangan tahun ini.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA