Ahad 17 Mar 2013 15:41 WIB

Indonesia Pulang Tanpa Gelar di Swiss Open

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Swiss Open
Foto: badmintonlink
Swiss Open

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia gagal meraih gelar  juara di turnamen Swiss Open Grand Prix Gold 2013. Dua wakil Indonesia di nomor ganda campuran dan ganda putra hanya mampu bertahan sampai di babak semifinal.

Pasangan ganda campuran yang baru saja mempertahankan gelar juara All England, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menyerah dari pasangan asal Cina Zhang Nan/Tang Jinhua. Mereka kalah setelah melalui pertandingan panjang tiga gim dan cukup ketat yakni 21-17, 19-21, 21-10.

Nasib serupa juga dialami pasangan ganda putra Alvent Yulianto Chandra/Markis Kido. Mereka ditekuk pasangan unggulan ke enam asal Cina, Biao Chai/Wei Hong. Mereka pun harus melewati pertarungan sengit tiga set 17-21, 21-9, 22-20.

Kepala pelatih ganda campuran, Richard Mainaky mengatakan, turnamen Swiss Open Grand Prix Gold 2013 memang bukan menjadi target utama bagi Tontowi/Liliyana. Sebab, ganda campuran unggulan pertama tersebut dikonsentrasikan sepenuhnya untuk turnamen All England.

"Saya bilang ke mereka agar tidak terlalu ngoyo main di Swiss Open, karena mereka sudah bertarung habis-habisan di All England," kata Richard ketika dihubungi ROL, Ahad (17/3).

Richard mengatakan, fisik Liliyana sudah mulai kelelahan, apalagi di turnamen Swiss Open dia turun di dua nomor yakni ganda putri dan ganda campuran. Meskipun hanya berjuang sampai di semfinal, Richard mengapresiasi penampilan anak asuhnya tersebut. Dan dia memahami bahwa tenaga mereka sudah terkuras habis untuk mempertahankan gelar juara All England.

Untuk turnamen selanjutnya, Tontowi/Liliyana akan bermain di India Open Superseries April 2013 mendatang. Di turnamen tersebut, Richard ingin anak asuhnya bisa tampil maksimal dan tidak ada target khusus.

"Tidak semua turnamen harus ditargetkan juara, di Superseries hanya untuk mengumpulkan poin saja, pick utamanya tetap di Sudirman Cup dan World Championship," kata Richard.

Di babak perempat final turnamen Swiss Open, ganda campuran Markis Kido/Pia Zebadiah dikalahkan oleh pasangan asal Cina Zhang Nan/Tang Jinhua dengan skor 21-15, 21-17. Sementara itu, ganda campuran unggulan ketiga Muhammad Rijal/Debby Susanto juga harus kandas di perempat final oleh unggulan keenam asal Jerman Michael Fuhs/Brigit Michels, 21-9, 21-10.

Ganda putri Pia Zebadiah/Rizki Amelia juga harus menyerah di perempat final oleh pasangan unggulan pertama asal Denmark Christinna Pedersen/Kamilia Rytter Juhl, 21-19, 21-15. Sementara, untuk nomor tunggal gagal mengamankan tempat di perempat final. Andre Kurniawan Tedjono, Adriyanti Firdasari, Maria Febe Kusumastuti dan Hera Desi terhenti di babak pertama. Sedangkan, Dionysius Hayom Rumbaka harus terjegal di babak ketiga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement