Jumat 15 Mar 2013 17:18 WIB

UI dan Telkomsel Lakukan Riset Bersama ICT dan Energi Terbarukan

Kerja sama UI-Telkomsel
Kerja sama UI-Telkomsel

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Universitas Indonesia dan Telkomsel akan melakukan riset bersama di bidang Information and Communication Technology dan pengembangan energi terbarukan (renewable energy).

Penandatanganan perjanjian joint research partnership dilakukan oleh Head of Technology & System Group Telkomsel Ivan C Permana dan Wakil Rektor Universitas Indonesia Bidang Penelitian, Pengembangan dan Kerjasama Industri Sunardji, SE, MM.

Melalui kerja sama ini diharapkan kedua belah pihak dapat saling mendukung dalam melakukan riset mengenai pengabdian masyarakat di bidang dan energi. Riset diharapkan mampu menghasilkan inovasi dan kemandirian teknologi berbasis demand driven, sehingga menghasilkan  produk, prototype, atau Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) terdaftar guna meningkatkan daya saing usaha.

Kedua pihak sepakat melakukan kajian dan riset pemanfaatan renewable energi yang cocok dengan potensi daerah lokasi BTS, energi storage yang handal, serta kajian riset renewable energy yang masih sangat jarang, termasuk melakukan pengembangan konten ICT, terutama dalam bidang mobile application.

UI dan Telkomsel juga sekapat melakukan kerja sama dalam hal penyusunan program kerja, proposal riset, pelatihan, seminar, konferensi, penyediaan tenaga ahli, dukungan kegiatan berupa sponsorship, dan sebagainya.

“Dengan sinergi antara Telkomsel sebagai leader perusahaaan telekomunikasi seluler di Indonesia dengan Universitas Indonesia  yang merupakan perguruan tinggi terkemuka di Tanah Air, diharapkan mampu membuat kajian analisis dan konsep, serta sanggup menghasilkan prototype produk lokal kreasi bangsa sendiri yang bermanfaat,'' kata Ivan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement