Rabu 06 Mar 2013 10:32 WIB

Anak Susah Makan, Coba Dulu Jurus Ini

Rep: Desy Susilawati/ Red: Endah Hapsari
Susah makan/ilustrasi
Foto: sheknows.com
Susah makan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak mudah membuat anak berselera makan. Namun, itu tidak berarti orangtua harus menyerah begitu saja. Dosen Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dr dr Saptawati Bardosono MSc menyebutkan tips agar anak susah makan bisa berselera kembali. Berikut tipsnya:

*Susunlah jadwal makan anak secara teratur

Untuk tiga kali makan utama di waktu sarapan, makan siang, dan makan sore/ malam. “Lalu, berikan dua sampai tiga kali makan selingan di antara dua waktu makan dan sebelum tidur,” ucap Saptawati memberikan panduan. 

 

*Siapkan hidangan makanan lengkap gizi dengan penyajian bervariasi sesuai keinginan anak

Perhatikan jumlah porsi yang mampu dihabiskan anak dalam waktu 20 sampai 30 menit. Lewat dari setengah jam, hentikan pemberian makannya. Setelah itu, sodorkan hidangan makan lagi setelah dua atau tiga jam berikutnya bila dirasakan belum mencukupi. “Porsi kecil dengan frekuensi sering mungkin bisa menjadi jalan keluar,” kata Saptawati. 

 

*Ajaklah anak untuk memilih bahan makanan yang akan diolah untuknya

Libatkan pula dalam merencanakan cara penyajiannya. Jangan ragu untuk meminta anak membantu menyiapkan hidangan makanannya sendiri sesuai kemampuannya. Lantas, upayakan agar suasana makan menyenangkan bagi anak tanpa harus menghadirkan mainan atau menyetel siaran TV favoritnya. Sebagai gantinya, pengasuh dapat bercerita atau ajaklah anak mencoba makan sendiri dari piring dan sendok yang menarik bentuk dan warnanya. “Akan semakin menggugah jika tampilan hidangan makanan disusun secara menarik,” ujar Saptawati. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement