Rabu 27 Feb 2013 15:28 WIB

Komunitas Semut Merah 75 Bentuk 'Chapter' di Sumut

Komunitas SM75
Foto: PPI
Komunitas SM75

 

Sebagai wadah yang merangkul seluruh pelajar Indonesia di dunia, Semut Merah 75 telah membentuk bagian di Medan Sumatera Utara,  Aula Universitas Muslim Nusantara Al- Washliyah (24/02). Kegiatan yang dihadiri lebih dari 300 mahasiswa dari berbagai kampus seperti UMN, UISU, IAIN, UNIMED dan UNIVA, berlangsung lancar dan mendapat apresiasi yang baik dari pihak rektorat, dekanat maupun dosen kampus setempat.

Selain pelantikan, acara ini juga menyuguhkan unsur-unsur sastra seperti penampilan monolog oleh Fata ibnu Hajar dan pembacaan puisi. Tak kalah pentingnya, seminar bertema "Membangun Pendidikan Karakter Melalui Bahasa dan Sastra", sebagai wujud kepedulian pembentukan karakter yang baik di dalam diri peserta, yang terselenggara atas kerjasama PEMA Prodi PBSID, PPs UMN dan Komunitas SM75 Medan.

"Kegiatan seperti ini harus sesering mungkin diselenggarakan di kampus kita. Banyak output positif yang akan kita rasakan untuk menambah kualitas mahasiswa," ucap Prof. Dr. Ahmad Laut Hasibuan, M. Pd. Wakil rektor I UMN ketika menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara.

Menurut Direktur SM75 Wenny, Sumatera Utara merupakan provinsi pertama di Indonesia yang dilantik dan akan diikuti oleh beberapa provinsi lainnya. "Iya, kita sudah bentuk chapter di empat provinsi dan akan segera dilantik. Tentunya kita akan terus melakukan pergerakan dengan merangkul pelajar di daerah maupun di luar negeri," tuturnya ketika ditanya soal pergerakan SM75.

Selaku manajer yang dipercaya di Medan, Tiflatul Husna menyambut gembira dan siap mengepakkan sayap kreativitas, baik dalam dunia kata-kata maupun dalam bidang positif lainnya. "Basisnya memang kepenulisan, tetapi tidak menutup kemungkinan kita membentuk bidang yang lain selagi positif, dan akan merekrut teman-teman yang lain. Hal ini tidak lepas dari kesolidan kawan-kawan maupun bimbingan dari senior seperti Bang Zulham dan Mbak Wenny," akunya sambil tersenyum.

"Semut Merah adalah komunitas yang dahsyat, menggugah semangat berkarya tulis insan akademis," komentar  Dra. Hj. Rosmawati Hrp., M. Pd., Ph. D. Selaku Ka. Prodi Program Pascasarjana UMN Al- Washliyah. 

Rubrik ini bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement