Selasa 26 Feb 2013 17:17 WIB

Mual-Mual Saat Hamil, Bagaimana Solusinya?

Rep: Nina Chairani/ Red: Endah Hapsari
Jahe bisa membantu mengatasi mual/ilustrasi
Foto: voxxi.com
Jahe bisa membantu mengatasi mual/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk menghilangkan rasa mual pada ibu hamil, banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan memilih makanan yang tentu saja tidak menimbulkan rasa enek. 

 

Sebenarnya banyak cara untuk mengurangi dan menghindari rasa mual. Salah satunya saat bangun tidur. Ketika bangun tidur, ibu jangan terburu-buru langsung beranjak dari tempat tidur. Duduklah sejenak baru kemudian boleh berdiri. Bisa pula dengan jenis makanan, seperti makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan protein yang bisa mengatasi rasa mual. 

Buah dan sayur juga sangat bagus untuk mengurangi rasa mual. Pola makan pun bisa diatur untuk mengurangi rasa mual, yaitu dengan mengurangi porsi makan, namun frekuensi jam makan justru ditingkatkan. ’’Jadi, yang penting sedikit-sedikit tapi sering,’’ kata dr Prima Progestian SpOG. 

Nah, bagi ibu yang doyan pedas, Prima menyarankan agar mengurangi dulu konsumsi makanan pedas. Terlebih bagi yang suka makanan pedas dan berminyak. Mengapa Jenis makanan tersebut akan meningkatkan rasa mual pada ibu hamil. 

Bagi yang suka mengonsumsi kopi, ia menyarankan untuk mengganti minuman favorit kaya kafein tersebut dengan air putih. Jika ingin minuman yang lebih nikmat, bisa diganti dengan jus.

Prima memberi kabar gembira bagi para ibu yang doyan pengobatan herbal. ‘’Jahe bisa menjadi teman setia saat trimester pertama kehamilan,’’ katanya. Sebuah riset di Australia menunjukkan bahwa  mengonsumsi jahe pada saat hamil mampu mengurangi rasa mual. Jahe sendiri terbukti aman dikonsumsi saat hamil dan tidak membahayakan janin. 

Konsumsi jahe pun sesuai selera ibu. Jahe akan sangat nikmat jika diseduh dengan air hangat ditambah sedikit gula batu. Sangat bagus jika dipadukan dengan biskuit sebagai teman minum jahe. Biskuit yang mengandung karbohidrat juga mampu mengurangi rasa mual. Nah, ibu juga bisa mengonsumsi jahe dengan cara praktis, yaitu dengan mengunyah atau mengulum permen jahe.

Rasa mual dan muntah pada saat hamil menjadi beban tersendiri bagi para calon ibu. Prima Progestian menyarankan agar kondisi itu jangan sampai mendatangkan stres. ‘’Itu  yang justru bisa semakin menganggu kehamilan,’’ katanya. 

Prima mengimbau para calon ibu untuk selalu berpikir positif dan berusaha untuk tetap memenuhi nutrisi yang cukup pada janin. Sebab, anak merupakan aset paling berharga. Sehingga, pemberian nutrisi yang baik akan menjadi investasi yang luar biasa bagi anak. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement