Senin 25 Feb 2013 17:11 WIB

Awas, Pestisida pada Makanan Anda

Makanan berpestisida (ilustrasi)
Foto: www.pan-uk.org
Makanan berpestisida (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Pestisida (pembunuh hama) banyak dipakai dalam pertanian hingga pencemaran sayuran sangat mungkin terjadi. Untuk menghindari akibat buruk sebaiknya dimulai saat memilih sayuran segar. Sayuran segar yang seluruh daunnya mulus tanpa cacat mungkin lebih berisiko daripada yang ada cacat akibat dimakan ulat.

Ulat dan hama lain tidak mau makan daun yang mengandung pembunuh hama. Tanda-tanda ini dapat dijadikan indikator alam yang membuat kita harus lebih hati-hati. Ini tak berarti setiap sayuran utuh mengandung insektisida.

Sebelum dipotong-potong sayuran sebaiknya direndam dalam air, lalu dicuci bersih di bawah air mengalir. Sayuran masak cenderung lebih aman daripada yang dimakan mentah, baik dari segi pencemaran pestisida, insektisida, maupun kuman.

Mengupas sayuran dan buah-buahan dapat menghilangkan lebih kurang 75 persen pencemaran. Memproses dan menyimpan makanan sebaiknya menggunakan plastik, kertas timah atau gelas yang memang khusus disediakan untuk makanan. Jangan mengukus makan bersama plastik pembungkusnya, bila perlu betul gunakanlah daun-daunan misalnya daun pisang sebab beberapa plastik diketahui tidak tahan panas dan meleleh mencemari makanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement