Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Jangan Buang Dulu Ampas Kopi Anda, Kenapa? (2-Habis)

Sabtu 23 Feb 2013 07:10 WIB

Rep: Niken Paramita Wulansari/ Red: Dewi Mardiani

Kopi

Kopi

REPUBLIKA.CO.ID, Minuman kopi memiliki aroma harum yang nikmat. Bagi anda yang suka dengan minuman kopi, sebaiknya ampasnya jangan dibuang. Ada manfaat dari ampas yang bisa anda intip di sini.

4. Pembasmi Lalat
Lalat membenci aroma kopi yang terbakar. Untuk menyiasati makanan agar terhindar dari lalat, letakkan ampas kopi dalam piring dan nyalakan lilin atau tungku kecil di dekatnya. Api yang berasal dari lilin atau tungku tersebut dapat membantu menajamkan aroma kopi.

5. Pupuk
Manfaatkan ampas kopi sebagai pupuk tanaman sekaligus menghindarkan serangan hama pada tanaman. Campurkan ampas kopi dengan tanah untuk membantu agartanaman terlindungi dari hama dan dapat tumbuh dengan lebih cepat dan baik.

6. Pembasmi Hama Tanaman
Seduh lagi ampas kopi menggunakan air panas, lalu diamkan hingga dingin. Siramkan campuran ampas dan air seduhannya ke tanaman, agar terhindar dari hama. Lakukan secara teratur.

7. Mengusir Semut dan Siput
Selain serangga dan hama tanaman, semut serta siput juga merusak tanaman bunga Anda. Gunakan ampas kopi untuk mengusirnya. Tebarkan ampas kopi si rute jalan semut dan siput secara acak, agar tidak kembali lagi merusak tanaman.

8. Mengharumkan Ruangan
Tempatkan ampas kopi basah pada dasar asbak agar abu sisa rokok tidak bertebangan dalam ruangan, sekaligus menyerap aroma tak sedap asap rokok yang tertinggal.

9. Membersihkan Kerak Panci
Gunakan ampas kopi untuk membersihkan kerak panci. Caranya gosokkan ampas kopi di bagian panci dan wajan yang berkerak. Kemudian cuci menggunakan sabun cuci piring dan bilas hingga bersih.

sumber : loveindonesia.com
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 

TERPOPULER

Kamis , 01 Jan 1970, 07:00 WIB