Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Karimun Gelar Try Out Ujian Nasional

Kamis 21 Feb 2013 18:37 WIB

Red: Taufik Rachman

Ujian Nasional tingkat SMA

Ujian Nasional tingkat SMA

Foto: Agung Supriyanto/Republika

REPUBLIKA.CO.ID,KARIMUN--Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau menggelar "try out" atau pengayaan mata pelajaran bagi siswa SD, SMP dan SMA sederajat yang akan mengikuti ujian nasional 2013.

Kepala Dinas Pendidikan Karimun Sudarmadi di Tanjung Balai Karimun, Kamis mengatakan, "try out" siswa SMA dilaksanakan mulai Kamis hingga Sabtu (23/2), tingkat SMP pada 25-27 Februari dan SD pada 6-8 Mei.

"Tujuan 'try out' untuk mengukur kemampuan siswa dalam menguasai mata pelajaran yang akan diuji dalam ujian nasional," kata Sudarmadi.

Menurut dia, hasil "try out" menjadi bahan evaluasi untuk mengetahui kelemahan siswa dalam menjawab soal-soal yang diperkirakan akan diuji dalam ujian nasional.

"Soal-soal tahun lalu kita jadikan bahan 'try out' sebagai pembanding. Kita akan lihat mata pelajaran yang mana yang terendah. Kalau misalnya pelajaran matematika, maka akan kita fokuskan untuk melakukan pengayaan lagi," ucapnya.

Dia mengatakan pengayaan mata pelajaran akan dilakukan secara bertahap sehingga siswa benar-benar siap mengikuti ujian nasional.

Tahun ini, jelas Sudarmadi, jumlah siswa SD yang akan mengikuti UN yang dijadwalkan PADA 18-20 Maret sebanyak 4.482 orang.

Sedangkan peserta UN SMP yang diksanakan pada 22-25 April sebanyak 3.517. Kemudian, peserta UN SMA sederajat pada 11-13 Maret sebanyak 2.905 orang.

"Peran aktif orang tua wali murid sangat kami harapkan sehingga tingkat kelulusan UN tahun ini lebih baik dari tahun lalu. Kita memang tidak mematok target, tapi kami berharap seluruh siswa lulus seratus persen," katanya.

Menurut dia, paket soal UN tahun ini berbeda dengan tahun lalu sehingga membutuhkan kesiapan siswa agar dapat menguasai setiap mata pelajaran.

"Kalau tahun lalu ada empat paket soal, sedangkan sekarang 20 paket. Jadi, satu paket soal untuk satu siswa," tambahnya.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA