Jumat 22 Feb 2013 09:07 WIB

Keluarga Akrab dan Dekat Berkat Buku, Caranya?

Rep: Nina Chairani/ Red: Endah Hapsari
Keluarga suka membaca/ilustrasi
Foto: chatterblock.com
Keluarga suka membaca/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Duduk disebuah kursi yang nyaman bersama anak dan membaca cerita di buku adalah salah satu momen terbaik sebagai orangtua. Dan jika Anda belum menanamkan kebiayaan membaca dalam keseharian, anda perlu memulai sekarang juga karena buku membawa banyak manfaat bagi anak. "Yang paling utama, membaca bersama anak membangun kedekatan yang luar biasa, kata penasihat Parents, Linda Acredolo, PhD, co-author baby minds. Kiat dari pakar kami menjadikan anak tumbuh menjadi seorang pecinta buku sepanjang hidup.

 

Bayi

Anda tidak bisa memaksa anak untuk membaca pada usia dini.Pada usia 3-6 bulan, bayi lebih tertarik menggigit buku yang anda berikan. Namun pada akhir tahun pertama dia mungkin sudah memilih aktivitas favorit.

 

Apa yang dipelajari

Ketika anda membolak-balik halaman buku bersama bayi di lengan anda, dia mengasosiasikan buku dengan rasa nyaman. Bayi belajar memberi arti kepada buku.

 

Batita

Pada usia ini, anak suka buku dengan tema sederhana

 

Apa yang Dipelajari

Sekitar usia 18 bulan, anak mulai memahami bahwa kata-kata merupakan perlambang obyek. sebagai contoh gelas, adalah tempat minum, kata Susan B. Neuman, EdD, co outhor a Parent's Guide to Reading With Your Young Child. Batita juga sudah bisa memerkirakan sesuatu dan senang mengetes kemampuan yang dia pelajari.

 

Balita

Membaca adalah permainan asik bagi anak usia 3-4 tahun seiring keterlibatan aktif mereka pada sesi pembacaan buku. Buku bergambar ideal bagi balita yang punya banyak pendapat seputar ilustrasi di dalam buku

 

Apa yang dipelajari

Anak anda belajar kata-kata dan frase baru dengan penuh antusiasme dan mulai bisa mernagkak kalimat panjang, jadi cara anda membacakan cerita sangat penting. daripada membacakan teks secara datar, minta pendpat dia tentang alur cerita. Hal ini merupakan tantangan bagi anak untuk mengembangkan kemampuan komprehensifnya daripada sekadar menunjuk gambar sebagai respons atas pertanyaan Anda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement