Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Keloid Menahun, Bagaimana Menghilangkannya?

Selasa 19 Feb 2013 08:02 WIB

Red: Endah Hapsari

Keloid Menahun, Bagaimana Menghilangkannya?

REPUBLIKA.CO.ID, Assallamu'alaikum, Dokter. Bagaimana cara untuk menghilangkan keloid yang sudah menahun. Sudah beberapa kali disuntik untuk mengecilkan peradangannya, tapi sekarang membesar lagi. Mohon penjelasannya, Terima kasih Dokter.

 

Innah

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaannya mbak Innah. Saya merasakan penderitaan ibu akibat dari keloid yang menahun. Rasa frustasi akibat gatal kemerahan, malu dengan penampakan keloid dan sakit saat menjalani terapi suntik pencegah keloid.

Saran saya ibu dapat konsultasi dengan dokter yang berkompeten seperti dokter bedah plastik atau spesialis kulit kelamin untuk evaluasi keloid. Pada keloid menahun dokter akan menawarkan pilihan terapi sesuai kondisi dan keinginan pasien dengan mempertimbangkan biaya, efektifitas dan efisiensi.

Pilihan penanganan keloid menahun adalah dengan operasi pembuangan keloid dan penutupan tergantung lebar luka, diikuti dengan observasi evaluasi rutin awal setiap minggu serta intervensi untuk mencegah/menghambat faktor pencetus keloid tumbuh kembali (salep, injeksi atau kompresi) apabila diperlukan.

Semoga informasi ini dapat membantu ibu mendapatkan penanganan yang efektif, efisien, dengan kekambuhan yang minimal. Salam dari kami. (QH)

 

dr Qori Haly, SpBP

Spesialis Bedah Plastik di RS Meilia Cibubur

 

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

 


Disclaimer: Republika bekerja sama dengan YBM PLN dan BNPB membuka rubrik pertanyaan seputar bencana alam. Mulai dari informasi hingga tips saat menghadapi bencana. Kirimkan pertanyaan Anda ke email: newsroom@rol.republika.co.id.
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA