Ahad 17 Feb 2013 13:00 WIB

Kiprah Honda di Motorsport Dunia

Kiprah Honda di Motorsport Dunia
Foto: motor.sportku.com
Kiprah Honda di Motorsport Dunia

SPORTKU.COM - Sejak awal berdirinya, Honda selalu terlibat dalam dunia balap. Honda saat ini ikut terlibat  di lebih dari 100 kategori balap di seluruh dunia, baik sebagai tim maupun sponsor.

Dani Pedrosa, Repsol Honda Team - Photo MotoGP.com MotoGP 2013 - Photo MotoGP.com" src="http://cdn.sportku.com/uploads/article-images/pedrosa-pada-sesi-uji-coba-resmi-motogp-2013-photo-motogpcom-201302071825596254.jpg" alt="Honda, Honda Racing Corporation, HRC, MotoGP, Moto2, Moto3, rider honda, pembalap honda" width="605" />

Di arena balap motor, Honda turun di beberapa ajang. Di MotoGP, kelas utama dari FIM Road Racing World Championship Grand Prix, pabrikan asal Jepang ini punya Repsol Honda Team. Dani Pedrosa dan Marc Marquez adalah dua jagoan mereka. Marc Marquez yang baru bergabung tahun ini merupakan Juara Dunia Moto2 tahun lalu.

Bersama Honda RC213V, Honda berharap dapat meraih gelar Juara Dunia 2013 baik  pembalap maupun tim. Selain Repsol Honda yang menjadi tim utama, pabrikan ini juga memasok mesin untuk tim satelit di MotoGP seperti Go&Fun Honda Gresini dan LCR Honda MotoGP dengan pembalapnya Alvaro Bautista dan Stefan Bradl. 

Honda juga memberi dukungan kepada Hiroshi Aoyama dengan Tim Avintia Blusens yang turun di kelas CRT.

Stefan Bradl, LCR Honda MotoGP - Photo : MotoGP.comHonda, Honda Racing Corporation, HRC, MotoGP, Moto2, Moto3, rider honda, pembalap honda

Pada Moto2, Honda aktif mendukung sejak 2010 sebagai pemasok mesin. Mereka menyediakan sebuah mesin yang dikembangkan dari CBR600RR. Honda telah memutuskan untuk tetap menjadi pemasok tunggal Moto2 hingga 2015.

Alvaro Bautista, Go & Fun Honda Gresini - Photo : MotogpHonda, Honda Racing Corporation, HRC, MotoGP, Moto2, Moto3, rider honda, pembalap honda

Bukan kacang lupa kulitnya, Honda juga mendukung tim dari kawasan Asia. Dukungan mereka berikan kepada Idemitsu Honda Team Asia, tim baru yang akan mengikuti Moto2 musim ini. Pembalap Yuki Takahasi akan bersaing bersama tim baru tersebut.

Di kelas yang lebih rendah Honda juga ikut turun. Mereka menjagokan Hyuga Watanabe di ajang Moto3. Tahun lalu, Watanabe berada di peringkat sepuluh.

Marc Marquez, Repsol Honda Team - Photo : Motogp.comHonda, Honda Racing Corporation, HRC, MotoGP, Moto2, Moto3, rider honda, pembalap honda

sumber : motor.sportku.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement