Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Andrea Hirata Jajaki Kerja Sama dengan Penerbit Inggris

Jumat 15 Feb 2013 19:17 WIB

Red: Fernan Rahadi

Andrea Hirata

Andrea Hirata

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penulis novel Laskar Pelangi Andrea Hirata sedang menjajaki kerja sama dengan penerbit ternama asal Inggris, Constable and Robinson.

"Sekarang sedang dilakukan penjajakan dengan pihak penerbit. Mereka berminat untuk menerbitkan Laskar Pelangi edisi Inggris," ujar Andrea di Jakarta, Jumat (15/2).

Jika kerja sama tersebut berhasil dilakukan maka Inggris menjadi negara ke-79 yang menerbitkan Laskar Pelangi.

"Constable and Robinson adalah salah satu penerbit terbaik di dunia. Jika terlaksana, maka Laskar Pelangi akan menjadi buku pertama Indonesia yang terbit di sana," kata Andrea.

Sebelumnya, Laskar Pelangi juga sudah digaet penerbit ternama asal New York yakni Farrar, Straus and Giroux (FSG). Novel tersebut juga diterbitkan penerbit ternama lainnya seperti Penguin Books dan Random House

Andrea baru-baru ini mendapat pengakuan internasional, dengan pencantuman tulisan "International Best Seller" untuk Laskar Pelangi edisi Turki.vLaskar Pelangi edisi Turki yakni Gokkusagi Askerleri diterbitkan oleh penerbit ternama Butik Yayinlari.

Status tersebut dicapai karena tingginya angka penjualan novel itu di beberapa negara yang telah menerbitkan Laskar Pelangi yakni Australia, Selandia Baru, Amerika, China, Korea dan Vietnam. Bahkan di Vietnam, Laskar Pelangi telah mengalami cetak ulang. Selain itu, pemesanan melalui toko buku online seperti Amazon.com juga amat tinggi.

Andrea memperkirakan novel pertamanya tersebut telah terjual lebih dari 5 juta eksemplar di seluruh dunia. Hal itu berdasarkan royalti yang diterimanya.

Laskar Pelangi menceritakan perjuangan sepuluh anak-anak asal Desa Gantung, Belitung Timur, dalam meraih cita-cita mereka. Kisah dalam novel tersebut juga telah difilmkan dengan judul yang sama.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA