Kamis 14 Feb 2013 20:45 WIB

Dana BOS Langsung Masuk Rekening Sekolah

Dana BOS (ilustrasi)
Dana BOS (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,SOLOK--Dinas Pendidikan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, memastikan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan I dengan total Rp 4,06 miliar sudah berada di rekening masing-masing sekolah penerima.

Kabid Program Dinas Pendidikan Kabupaten Solok Selatan Yendri Susanto di Padang Aro, Kamis, mengatakan dana BOS triwulan I sudah dikirim ke rekening masing-masing sekolah sesuai peruntukannya pada Januari 2013.

"Tetapi belum semua sekolah yang mencairkan dana BOS tersebut karena terkendala perbaikan surat pertanggungjawaban (SPJ) pada dana BOS sebelumnya," kata dia.

Ia mengatakan, untuk mencairkan dana BOS, setiap sekolah memang dituntut menyelesaikan SPJ sebelumnya supaya nantinya tidak menumpuk dan membuat sekolah kerepotan.

"Akan tetapi pada pekan ini sudah banyak yang mencairkan dana BOS triwulan I karena pihak sekolah hanya melakukan perbaikan SPJ dan itu tidak akan memakan waktu lama," ujarnya.

Tahun ini, kata dia, dana BOS triwulan I untuk SMP yang sudah dikirim ke rekening sekolah sebesar Rp1,006 miliar dengan siswa penerima 5.670 orang.

"Sedangkan untuk SD dikirim Rp 3,06 miliar dengan jumlah siswa penerima sebanyak 21.130 orang," katanya.

Selain itu, alasan sekolah untuk segera memperbaiki SPJ dan mencairkan dana BOS terkait jadwal ujian yang sudah mulai dekat.

Dia mengatakan, penyaluran dana BOS sesuai aturan langsung ke rekening sekolah oleh pemerintah pusat tanpa "mampir" di dinas setempat.

Menurut dia, tahun ini siswa SMP mendapat jatah dana sebesar Rp 710.000 dalam satu tahun, sedangkan untuk siswa SD Rp 580.000 per tahun.

Dia memprediksi dana BOS triwulan III jumlahnya akan meningkat seiring bertambahnya jumlah siswa.

"Siswa yang masuk sekolah setiap tahunnya terus meningkat sedangkan yang tamat lebih sedikit, sehingga kemungkinan dana BOS pada triwulan III akan naik," katanya.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement