Selasa, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 Januari 2020

Selasa, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 Januari 2020

Ini Dia Kebiasaan Buruk yang Ganggu Kesehatan

Kamis 14 Feb 2013 16:11 WIB

Rep: Reiny Dwinanda/ Red: Endah Hapsari

Pilih sepatu yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan tubuh

Pilih sepatu yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan tubuh

Foto: vogue.co.uk

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak hal kecil yang kelihatannya sepele tetapi dapat memengaruhi kesehatan. Lupa membersihkan wajah sebelum tidur, terus-terusan memakai sepatu berhak tinggi, dan tertidur tanpa melepas lensa kontak, contohnya. Apa risikonya bagi kesehatan?

 

* Tertidur tanpa menghapus riasan 

Sesekali terlupa, wajah paling hanya akan berjerawat. Begitu menjadi kebiasaan, pori-pori bisa tersumbat dan menjadi sarang tumbuhnya bakteri. Jerawat batu bisa timbul dari alas bedak yang menempel pada wajah saat tidur. 

 

* Lupa mencopot lensa kontak 

Bukan saja mata kering yang bakal mengusik orang yang tertidur dengan lensa kontak terpasang. Dr Robert Cykiert, dokter mata dari NYU Langone Medical Center, Amerika Serikat pernah menolong ratusan pasien infeksi mata selama bertahun-tahun. Sebanyak 95 persen kasus terjadi akibat kelalaian mencopot lensa kontak sebelum tidur. Risiko terkena infeksi serius pada kornea juga sangat tinggi. “Anda juga bisa terkena alergi mata,” jelasnya seperti dikutip majalah Fitness. 

 

* Mengenakan sepatu yang salah 

Orang kerap mengira sepatu bersol datar merupakan pilihan terbaik. Padahal, sepatu ala balerina tak membuat kaki lebih stabil dan tak menyediakan bantalan yang cukup untuk kaki. Sebaliknya, high heels juga bisa membahayakan penggunanya yang tidak berhati-hati. Kenakanlah sepatu yang dapat menopang kaki dengan baik dan memiliki sol dalam yang cukup tebal dan lembut. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA