Rabu 13 Feb 2013 17:02 WIB

Proliga 2013 Bergulir

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Fernan Rahadi
Proliga
Foto: Antara/R. Rekotomo
Proliga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kompetisi bola voli tertinggi di Indonesia BSI Proliga kembali digelar. Pada tahun ini sebanyak 14 klub akan bertarung dalam laga yang akan berlangsung dari 15 Februari hingga 5 Mei 2013 dan memperebutkan hadiah sebesar Rp 1 miliar.

Direktur Proliga Hanny Surkatty mengatakan, kompetisi pada tahun ini akan sangat ketat dan menarik. Persaingan untuk menyabet gelar juara antar klub juga semakin ketat. "Banyak pemain muda yang sekarang mendominasi, terutama di tim putra, inilah yang membuat persaingan semakin ketat," ujar Hanny dalam konferensi pers, Rabu (13/2).

Dia menambahkan, dengan waktu persiapan yang lebih lama, klub-klub ingin membuktikan diri dengan meraih kemenangan di setiap pertandingan. Selain itu, hampir semua tim sudah memasukkan pemain asing.

Seperti pada tahun sebelumnya, dalam kompetisi ini tiap klub diperbolehkan menggunakan pemain asing. Masing-masing klub boleh mendatangkan tiga pemain asing, namun yang ditampilkan maksimal dua pemain asing dalam tiap pertandingan.

Hanny menjelaskan, ada beberapa klub yang belum selesai mengurus kitas atau Kartu Izin Tinggal Terbatas. Jika di seri pertama, pengurusan Kitas belum selesai maka pemain asing yang sudah disiapkan terpaksa tidak bisa ikut bermain dan akan terjun di seri kedua.

"Kami belum bisa menyebutkan tim mana saja yang belum selesai mengurus kitas, ini akan kami sampaikan saat teknikal meeting," ujar Hanny.

Pertandingan musim ini diikuti oleh tujuh tim putra dan putri. Tim putra yang akan bertarung adalah Jakarta BNI 46, Surabaya Samator, Palembang Bank Sumsel Babel, Semarang Bank Jateng, Jakarta Sananta Indocement, Jakarta Pertamina Energi, dan Jakarta Electric PLN. 

Sementara untuk tim putri yakni Jakarta Popsivo PGN, Jakarta Electric PLN, Jakarta TNI AU, Gresik Petrokimia, Jakarta BNI 46, Manokwari Valeria Papua Barat, dan Jakarta Pertamina Energi. Seri pertama BSI Proliga 2013 akan digelar di Gedung Basket Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta pada 15-17 Februari 2013.

Sedangkan, sembilan kota tempat penyelenggaraan Proliga lainnya yakni Jakarta, Palembang, Solo, Banyuwangi, Gresik, Magetan, Semarang, Yogyakarta, Bandung, dan berakhir di Jakarta. Untuk babak final four atau semifinal, rencananya akan dilaksanakan di Yogyakarta dan Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement