Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Vietnam Selidiki Minyak Goreng Asal Indonesia, Ada Apa?

Sabtu 09 Feb 2013 08:16 WIB

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Endah Hapsari

Bendera Vietnam (ilustrasi)

Bendera Vietnam (ilustrasi)

Foto: wikispaces.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -  Otoritas pengamanan perdagangan (safeguard) Vietnam, Vietnam Competition Authority (Trade Remedies Board) memulai penyelidikan safeguard untuk minyak sayur. Safeguard merupakan tindakan pengamanan terhadap industri dalam negeri yang kemungkinan mengalami kerugian karena barang impor.

 

Penyelidikan safeguard yang diterapkan pada produk minyak goreng impor ini berlaku untuk semua negara khususnya bagi negara dengan share impor lebih dari tiga persen, salah satunya Indonesia dan Malaysia.

Direktur Pengamanan Perdagangan Kementerian Perdagangan, Ernawati mengatakan Vietnam Competition Authority belum pernah memberitahukan secara resmi mengenai penyelidikan ini kepada Indonesia baik di pusat maupun KBRI Hanoi. Padahal, penyelidikan ini sudah mulai sejak 11 Januari lalu. 

Indonesia telah berkoordinasi dengan perusahaan yang melakukan ekspor minyak sayur. “Pemerintah Indonesia telah menyampaikan protes kepada Vietnam Competition Authority terkait hal tersebut, karena dalam penyelidikan ini perusahaan eksportir Indonesia harus menyampaikan jawaban kuesioner. 

Sedianya, jawaban tersebut harus disampaikan paling lambat pada 25 Januari, namun Indonesia meminta perpanjangan waktu dan Vietnam Competition Authority telah memberikan perpanjangan hingga 17 Februari 2013,” ujar Ernawati.

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dan perusahaan akan menyiapkan jawaban kuesioner serta menyampaikan dokumen yang diminta secara tepat waktu. Vietnam merupakan satu dari

20 besar pangsa pasar ekspor minyak sayur Indonesia. Sementara, Indonesia berada pada posisi 2 besar bersama Malaysia yang menjadi negara asal impor minyak sayur untuk Vietnam.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA