Rabu 06 Feb 2013 16:33 WIB

Kaltim Kembangkan Beasiswa Sistem Online

Beasiswa (ilustrasi)
Beasiswa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,BALIKPAPAN--Jumlah beasiswa dari Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim yang pendaftarannya dengan sistem online (dalam jaringan) senilai Rp 97,5 miliar, sementara jumlah penerimanya mencapai 23.212 orang baik yang bestatus pelajar maupun mahasiswa.

"Sebenarnya total beasiswa dari Program Beasiswa Kaltim Cemerlang 2013 mencapai Rp149 miliar, tetapi yang kami kelola dengan sistem online hanya sebesar Rp97,5 miliar, kemudian selebihnya langsung ditangani oleh Dinas Pendidikan Kaltim," ujar Ketua Tim Pengelola Beasiswa Kaltim Cemerlang H Bohari Yusuf di Samarinda, Rabu.

Bohari yang juga Ketua Dewan Pendidikan Kaltim ini mengatakan bahwa beasiswa yang senilai Rp 97,5 miliar itu terbagi menjadi delapan penerima, yakni untuk Pendidikan Dasar dan Menengah, untuk program Diploma, program Sarjana atau Diploma IV, dan program Magister.

Kemudian untuk program doktor, program internasional, program siswa dan mahasiswa berprestasi, serta untuk program siswa dan mahasiswa anak cucu veteran.

Rinciannya, antara lain untuk Pendidikan Dasar dan Menengah yang terdiri beasiswa prestasi Ujian Nasional (UN) jenjang SD/MI dengan kuota 280 orang senilai Rp500 ribu per siswa, beasiswa prestasi UN 2013 jenjang SMP/MTs dengan kuota 280 orang senilai Rp 1 juta per siswa, prestasi UN 2013 jenjang SMA dan yang sederajat dengan kuota 700 orang senilai Rp 1,5 juta per siswa.

Selanjutnya beasiswa bagi siswa kurang mampu atau miskin per kabupaten dan kota jenjang SD/MI dengan kuota 2.800 anak senilai Rp485 ribu per siswa, siswa kurang mampu jenjang SMP/MTs dengan kuota 1.560 anak senilai Rp600 ribu per siswa, dan siswa kurang mampu jenjang SMA/SMK/MA dengan kuota 1.400 anak senilai Rp720 ribu per siswa.

Untuk beasiswa program Diploma, penerimanya adalah berupa stimulan mahasiswa Diploma per kabupaten atau kota dengan kuota sebanyak 500 orang senilai Rp2,5 juta per mahasiswa, stimulan mahasiswa Diploma per perguruan tinggi dengan kuota 450 orang senilai Rp2,5 juta per mahasiswa.

Stimulan mahasiswa Diploma kurang mampu dengan kuota 175 orang senilai Rp2,5 juta per mahasiswa, beasiswa mahasiswa berprestasi dalam daerah dengan 45 kuota senilai Rp5 juta per mahasiswa.

Beasiswa mahasiswa berprestasi luar daerah dengan 25 kuota senilai Rp6 juta per mahasiswa, stimulan mahasiswa diploma kesehatan dengan 2.995 kuota senilai Rp2,5 juta per mahasiswa, beasiswa untuk mahasiswa lama dan baru di Polteknik Sang Hyang Seri (SHS) masing-masing 50 orang dengan nilai disesuaikan kebutuhan SHS.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement