Senin, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Senin, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

UGM Peringkat ke-53 Universitas Top di Asia

Senin 04 Feb 2013 13:34 WIB

Rep: Yulianingsih/ Red: Heri Ruslan

UGM

UGM

Foto: ugm.ac.id

REPUBLIKA.CO.ID,  YOGYAKARTA –- Universitas Gadjah Mada menempati peringkat ke-53 dalam daftar 100 universitas top Asia versi laman 4ICU.org. Laman ini merupakan situs terkemuka dalam prestasi kinerja intansi termasuk Pergurun Tinggi (PT) di dunia maya.

Menurut Kepala Bagian Humas Wijayanti, selain UGM yang masuk 100 top PT Asia ada beberapa PT lain yang masuk yaitu ITB pada posisi 69, dan UI peringkat 84.

"Pada peringkat 10 besar di Indonesia, UGM justru berada di peringkat pertama," kata Wijayanti, Senin (4/2). Sedangkan, ITB berada di posisi kedua, UI ketiga, dan posisi keempat ditempati Universitas Brawijaya.

Peringkat kelima diraih Universitas Gunadarma, yang sekaligus menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta yang masuk dalam daftar tersebut.

Berturut-turut posisi keenam Institut Pertanian Bogor, disusul Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Menurutnya, pemeringkatan popularitas di dunia internet dilakukan menggunakan algoritma berbeda dari lima web metric berbeda dari tiga search engines yang independen dan saling terpisah yaitu Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, Majestic Seo Referring Domains, Majestic Seo Citation Flow, dan Majestic Seo Trust Flow.

Pada situs tersebut tercatat ada 11.160 perguruan tinggi dari 200 negara, termasuk 351 perguruan tinggi dari Indonesia. "Ini prestasi tersendiri bagi kami di dunia maya," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA