Kamis 31 Jan 2013 14:58 WIB

UMS Tawarkan Beasiswa untuk Mahasiswa Baru 2013

Universitas Muhammadiah Surakarta
Universitas Muhammadiah Surakarta

REPUBLIKA.CO.ID,SURAKARTA---Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyediakan bea siswa untuk mahasiswa baru tahun 2013.  Program bea yang tersedia meliputi Penjaringan Bibit Unggul dan Muhammadiyah dan Daerah (PBUMD), beasiswa Unggulan Muhammadiyah dan Beasiswa Internasional.

 

Terkait dengan beasiswa PBUMD, UMS memberikan subsidi untuk dana pengembangan sebesar 50 persen dan juga dana sebesar Rp 100.000/bulan selama satu tahun. Setelah program tersebut berakhir, mahasiswa dapat mengajukan beasiswa dari sumber yang lain, semisal UMS, bank Jateng, PPA dan lain-lain.

Untuk mendaftar pada besasiswa PBUMD, kualifikasi yang harus dipenuhi antara lain memiliki prestasi meraih ranking 1–10 (sepuluh besar) di kelasnya selama 5 semester berturut-turut dengan nilai rapor selama 5 semester di atas 7,20.

 

Sedangkan, untuk Beasiswa Unggulan Muhammadiyah fasilitas yang berikan antara lain berupa bebas biaya pengembangan, bebas biaya kuliah (termasuk biaya SKS, praktikum, dan ujian skripsi) serta bebas dari biaya untuk pelaksanaan wisuda. Untuk kategori ini, syarat utama yang harus dipenuhi adalah mereka yang aktif dalam kegiatan organisasi Muhammadiyah atau organisasi otonom di bawah Muhammadiyah. Kesempatan beasiswa ini hanya terbuka bagi 55 mahasiswa baru.

 

Untuk  beasiswa Internasional, pendaftar setidaknya harus memenuhi salah satu kriteria yang dipersyaratkan oleh UMS. Syarat tersebut pertama, mahasiswa Thailand dalam rangka pelaksanaan kerja sama Pemerintah Thailand dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Kedua, mahasiswa asing yang kuliah di UMS pada program reguler, program kelas internasional (RSBI), atau program double degree.

Ketiga, mahasiswa Indonesia yang akan menempuh kuliah di UMS pada program kelas internasional (RSBI). Sama halnya dengan beasiswa Unggulan Muhammadiyah, fasilitas utama dari beasiswa Internasional adalah bebas biaya perkuliahan, biaya pengembangan serta beasiswa wisuda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement