Kamis 31 Jan 2013 14:28 WIB

Muhammadiyah Telah Siapkan Guru Sesuai Kompetensi Kurikulum 2013

Seorang guru mengajar di sebuah SMP.
Seorang guru mengajar di sebuah SMP.

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Muhammadiyah telah mempersiapkan guru-guru untuk mencapai kompetensi pada kurikulum 2013.

“ Muhammadiyah telah melakukan berbagai pelatihan dan pembinaan guru Muhammadiyah,'' kata Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof.Dr.Baedhowi,M.Si.

Selain itu, PP Muhammadiyah mempersiapkan guru-guru Muhammadiyah untuk mengajarkan nilai-nilai Islam pada setiap kesempatan.  ''Pendekatan ini diharapkan bisa membentuk karakter siswa karena hal ini nantinya digunakan untuk menghadapi tantangan global,” tuturnya.

Harapan agar guru di perguruan Muhammadiyah memiliki kompetensi sesuai dengan Kurikulum 2013 sebelumnya disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh. “Dalam kurikulum 2013, kita akan lebih menekankan pada kualitas dari siswa. Seperti kompetensi pengetahuan, Kemampuan , dan sikap. Ketiga kompetensi inilah yang telah diterapkan dalam pendidikan Muhammadiyah,” kata Nuh.

Sementara itu, ,Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr.H. Yunahar Ilyas,Lc,M.Ag mengungkapkan bahwa salah satu cara mencapai ketiga kompetensi tersebut adalah melalui pendidikan agama atau pendidikan karakter.

“ Tidak hanya pengetahuan saja yang harus dimiliki oleh siswa tetapi peningkatan kualitas karakter juga penting agar tidak lagi muncul kasus kriminal dikalangan siswa, satu-satu nya cara adalah dengan pendidikan karakter melalui pendidikan agama,” Ungkap Yunahar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement