Selasa 29 Jan 2013 21:38 WIB

Hati-hati Kurang Tidur Picu Stres

Rep: niken paramita wulandari / Red: Damanhuri Zuhri
Tidur (Ilustrasi)
Tidur (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Tidur kurang dari enam jam sehari, ternyata memicu stres pada seseorang. Pasalnya, di saat sedang tidur ada hormon-hormon tertentu yang keluar yang membantu sistem kerja tubuh.

Idealnya, orang dewasa tidur antara tujuh sampai delapan jam sehari. Dengan pola tidur yang baik, akan mengatur stres.

Ada banyak faktor yang perlu dilakukan untuk menjaga kualitas tidur yang baik. Diantaranya adalah mengatur makanan yang dikonsumsi dan olaharaga rutin. Dengan berolahraga secara rutin di pagi hari, seseorang akan lebih cepat mengantuk di malam hari.

Selain itu, kualitas tidur juga akan lebih optimal karena pikiran tidak terbebani dengan masalah pekerjaan.

''Kita olahraga di pagi hari, istirahat akan lebih baik dan kerja akan lebih optimal jadi tidak stres,” kata Rizal Idrus, dokter muda yang juga //Men Of The Year 2012//.

Lalu bagaimana dengan orang yang memiliki jam tidur sedikit? Secara kuantitas jam tidur bisa diganti pada siang hari. Misalnya, seorang pekerja bisa memanfaatkan waktu istirahatnya dengan tidur sejenak atau sekedar merenggangkan otot.

Tidur di malam hari dengan jumlah jam yang cukup akan lebih fokus. Sehingga kebutuhan istirahat terpenuhi. “Jam tidur ini memang bisa diganti pada siang hari, tapi tidak akan lebih baik daripada tidur di malam hari,” kata Rizal Idrus.

Rizal juga menegaskan ketika seseorang berolahraga, tubuh ada dalam keadaan anti stres. Selain itu, ada hormon-hormon yang bekerja di saat seseorang sedang tidur.

Pada manusia terdapat satu hormon yang diproduksi tubuh untuk mengatur jam tidur, yaitu hormon melantonis. Hormon ini memerintahkan seseorang untuk rileks, mengantuk lalu tidur.

n

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement