Senin 28 Jan 2013 14:32 WIB

Jangkau PAUD, Perpustakaan Yogyakarta Kerahkan Motor Keliling

Rep: yulianingsih/ Red: Taufik Rachman
Sejumlah anak-anak dari perwakilan lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) mengikuti lomba mewarnai.
Foto: Antara/Arief Priyono
Sejumlah anak-anak dari perwakilan lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) mengikuti lomba mewarnai.

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Perpustakaan Kota Yogyakarta pada 2013 ini mengoperasionalkan satu unit motor keliling untuk melayani kebutuhan buku pada pendidikan anak usia dini baik di Taman Kanak-kanak maupun PAUD di wilayah Kota Yogyakarta.

Sepeda motor roda tiga ini di desain khusus menjadi perpustakaan keliling khusuis bagi anak-anak usia dini tersebut. Perpustakaan Motor Keliling ini resmi beroperasi, Senin (28/1).

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta,Sri Adiyanti mengatakan, operasionalisasi perpustakaan motor keliling ini dilakukan untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap buku. Selain itu juga untuk meningkatkan daya baca masyarakat Yogyakarta. "Sasaran kita anak-anak PAUD dan TK, ini untuk menumbuhkan kecintaan terhadap buku sejak dini," tandasnya.

Diakuinya, perpustakaan motor keliling ini akan beroperasi dari TK satu ke TK lainnya termasuk PAUD secara bergantian. Motor ini juga akan menyambangi taman bacaan di wilayah-wilayah di Yogyakarta. "Kenapa pakai motor, karena memang diharapkan bisa menjangkau wilayah-wilayah yang sulit ditembus kendaraan roda empat," tambahnya.

Diakuinya, sebagai sebuah perpustakaan yang dinamis, Perpustakaan Kota Yogyakarta senantiasa berbenah untuk mengoptimalkan peranya dalam mengembangkan fungsi penelitian, pendidikan, pelestarian, informasi dan rekreasi, sekaligus berupaya untuk dapat melayani dengan prima dan mengembangkan serta meningkatkan literasi masyarakat.

Menurut Sri Adiyanti, pada 2012 terjadi peningkatan jumlah pungunjung perpustakaan Kota Yogyakarta tersebut yaitu sebesar 17,74 persen dari tahun sebelumnya. Jumlah pengunjung 2011 sebesar 115.469 orang sedangkan pada 2012 mencapai 135.953.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement