Ahad 27 Jan 2013 09:19 WIB

Tutor Sebaya Bikin Ujian Nasional Lebih Mudah

Tutor/ilustrasi
Tutor/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menjelang Ujian Nasional (UN), Try Out (TO) sudah mulai dilakukan. Mulai dari TO sekolah, TO sanggar, hingga TO Provinsi. Selain TO dan bedah kisi-kisi UN, pembahasan soal UN tahun-tahun sebelumnya pun dilakukan para guru. Mulai dari soal paket A hingga soal paket E.

Untuk memaksimalkan persiapan UN, guru-guru SMAN 9 Jakarta membuat program yang bernama “Tutor Sebaya”. Tutor sebaya ini terdiri atas lima kelompok setiap kelasnya. Dan setiap kelompok terdiri atas tujuh sampai delapan orang. Tutor atau pengajarannya pun berasal dari siswa. Lebih tepatnya siswa yang lebih menguasai mata pelajaran tersebut.

Program Tutor Sebaya ini dilakukan diluar jam sekolah. Jadi siswa-siswa dalam kelompok tersebut janjian melakukan pertemuan diluar sekolah. Waktunya pun diluar jam sekolah. Setiap kelompok akan diberikan absen kehadiran setiap pertemuannya. Dan setiap kelompok diberikan soal yang akan menjadi bahasan mereka saat pertemuan.

Menurut para guru, diadakannya tutor sebaya agar para siswa lebih maksimal persiapannya untuk UN. Karena tutor sebaya dilakukan diluar jam sekolah, jadi mereka menambah jam belajar mereka. Selain itu, menurut mereka dengan pengajarnya sesama siswa, siswa yang malas atau yang biasanya tidak nurut bisa menjadi lebih nurut. Mengapa demikian? Menurut mereka karena adanya rasa malu terhadap teman yang menjadi tutornya. Istilahnya , 'dia aja bisa, kenapa gue engga? Pasti gue lebih bisa'. Selain itu, dengan adanya tutor sesama siswa membuat suasana belajar tidak menegangkan.

Penulis: Nabila Fauziyah – Klub Jurnalistik

sumber : Klub Jurnalistik ROL
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement