Sabtu 26 Jan 2013 15:25 WIB

Ecclestone Wacanakan 20 Balapan di 2013

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Fernan Rahadi
Bernie Ecclestone
Foto: SPORTYDEKSTOP.COM
Bernie Ecclestone

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Bos Formula 1, Bernie Ecclestone, belum menutup kemungkinan untuk menambah jadwal balapan di musim 2013. Ia mengatakan, musim ini F1 bisa saja menggelar 20 Grand Prix (GP).

"Jika orang-orang menginginkan ada 20 balapan, itu bisa saja terjadi. Kami siap membantu mengorganisir," kata Ecclestone seperti dilansir laman Autosport, Sabtu (26/1).

Sebelumnya, Federasi Balap Mobil Internasional (FIA) menjadwalkan 18 balapan untuk musim 2013. Namun, akhir tahun lalu, FIA mengubah jadwal untuk memberi peluang digelarnya GP Eropa pada tanggal 21 Juli.

Untuk GP Eropa, sirkuit Nurburgring, Jerman, jadi kandidat terkuat. Dibukanya wacana balapan ke-20 terkait isu ketertarikan dari Prancis dan Portugal untuk menjadi tuan rumah.

Hanya saja, Ecclestone belum mau mengungkapkan seberapa jauh pembicaraan yang telah dilakukan dengan kedua negara. "Masih ada ketertarikan di Prancis dan juga di Portugal. Mereka ingin menggelar balapan di lintasan baru di Algarve," imbuh pengusaha berusia 82 tahun ini.

Ia mengakui, penambahan jadwal balapan berpeluang menuai protes dari tim-tim peserta F1. Sebab, ditambahnya jadwal balapan akan menambah beban bagi tiap tim dalam menjalani kompetisi.

"Tim-tim sepertinya tidak menyukai wacana ini," aku pria yang identik dengan rambut perak ini.

Kendati demikian, Ecclestone bersikeras bahwa 20 GP dalam satu musim masih mungkin direalisasikan. Banyaknya negara yang tertarik bergabung sebagai tuan rumah tidak membuatnya tertarik untuk menambah grand prix lebih dari 20 kali dalam semusim di musim-musim mendatang.

"Tidak, 20 adalah jumlah paling maksimal," katanya.

Sementara itu, GP Rusia untuk musim 2014 telah ditetapkan akan diselenggarakan pada bulan November. Balapan pertama di tanah Rusia ini akan digelar usai penyelenggaraan Olimpiade musim dingin 2014 di Sochi.

"Pembangunan sirkuit dimonitor secara teliti oleh pemerintah. Segalanya berjalan sesuai rencana," papar Wali Kota Sochi, Anatoly Pakhomov.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement